FAKTOR-FAKTOR YANG MEMPENGARUHI PERILAKU HIDUP BERSIH DAN SEHAT (PHBS) DI DESA LADANG PANJANG KEC. SUNGAI GELAM KAB. MUARO JAMBI PROVINSI JAMBI

Yayuk Kusumawati, Nur'aini Nur'ani, Linda Hernike Napitupulu

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui faktor yang mempengaruhi perilaku hidup bersih dan sehat (PHBS) di Desa Ladang Panjang Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi Provinsi Jambi. Penelitian ini menggunakan pendekatan cross sectional dengan desain penelitian berupa survei analitik. Penelitian dilaksanakan selama 3 bulan, mulai bulan Maret s.d Mei 2019 di Desa Ladang Panjang Kecamatan Sungai Gelam Kabupaten Muaro Jambi Provinsi Jambi. Adapun populasi penelitian berjumlah 1125 kepala keluarga, dengan sampel penelitian yang berjumlah 92 responden. Sedangkan teknik pengambilan sampel dilakukan secara berimbang (proposional to size). Data penelitian ini berupa data primer, sekunder dan tertier, yang selanjutnya dianalisis dengan teknik analisis data univariat, analisis data bivariat uji statistik chi-square test dan analisis multivariate. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulan bahwa: 1) ada pengaruh umur, pendidikan, pengetahuan, sikap, dukungan sosial, pendapatan, sarana prasarana kesehatan dan perilaku petugas kesehatan terhadap PHBS di Desa Ladang Panjang Kec. Sungai Gelam Kab. Muaro Jambi; 2); persamaan regresi logistik variabel pendidikan dan perilaku petugas kesehatan berpengaruh dan memberikan kontribusi terhadap PHBS sebesar 79.23%; dan 3) variabel yang paling dominan mempengaruhi PHBS adalah pendidikan dengan nilai Exp (B) sebesar 7.566.

Kata kunci: Faktor yang mempengaruhi, PHBS


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ahmad, Kholid. 2012. Promosi Kesehatan dengan Pendekatan Teori Perilaku, Media dan Aplikasi untuk Mahasiswa dan Praktisi Kesehatan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Batas, Cr. Kolibu, Fk. Malonda, Nsh. 2017. Hubungan Antara Ketersediaan Sarana dan Prasarana dengan Penyuluhan Kesehatan yang diberikan Petugas Kesehatan dengan PHBS Tatanan Rumah Tangga dalam Lingkup Kerja Puskesmas Wawonasa Kota Manado. Makasar: Media Kesehatan.

Hidayatullah, I. 2015. Hubungan Tingkat Pendidikan dan Sikap Kepala Keluarga dengan PHBS di RT 3 RW 07 Kel. Pakucen Worobrajan Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Kebidanan dan Keperawatan Aisyiyah, Vol. 4 No. 2.

Irawati, E. 2011. Gambaran Karakteristik Keluarga tentang PHBS Pada Tatanan Rumah Tangga di Desa Karangasem Wilayah Kerja Puskesmas Tanon II Sragen. Surakarta: Gaster Jurnal Kesehatan. 2011; 8 (2):741-9.

Jambi, DKP. 2016. Profil Kesehatan Provinsi Jambi 2015. Jambi: Dinkes. Provinsi Jambi.

Jambi, Kepala DKP. 2015. Profil Dinas Kesehatan Provinsi Jambi. Jambi: Dinkes. Provinsi Jambi.

Liitje Boekoesoer RRV l, Y. 2018. PHBS pada Tatanan Rumae Tai’Gga Ditinjau dari Aspek Pengetahuan dan Status Ekonomi Masyarakat di Desa Deme 2 Kecaitan Sumatra Timur Kabupaten Gorontalo Utara. Gorontalo: Jurnal Health and Science Vol. 4 No. 1.

Marlina. 2018. Faktor yang Berhubungan dengan PHBS Pada Tatanan Rumah Tangga di Wilayah Kerja Puskesmas Deleng Pokhkisen Kabupaten Aceh Tenggara. Banjarmasin: Jurnal Publikasi Kesehatan Masyarakat Indonesia, Vol. 5 No. 1 April 2018; 5(1):16–24.

Mubarak. 2007. Promosi Kesehatan: Sebuah Pengantar Proses Belajar dalam Pendidikan. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Notoatmojo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

___________. 2010. Ilmu Perilaku Kesehatan. Jakarta: Rineka Cipta.

Putra, Karim D. 2018. Determinan PHBS Tatanan Rumah Tangga. Jakarta: Jurnal Ilmu Kesehatan Masyarakat, Vol. 7, hal 1-9 p, 2018.

RI, Depkes. 2008. Factsheet Integr Biol Behav Surv 2007. Jakarta: Depkes. RI.

RI, Kementerian Kesehatan. 2011. Pedoman Pembinaan PHBS. Jakarta: Kemenkes. RI.

_____________________. 2019. Strategis R, Kesehatan K. Jakarta: Kemenkes. RI.

RI, Pemerintah. 2003. UU Republik Indonesia No. 20 Tahun 2003 tentang Sistem Pendidikan Nasional. Jakarta: Pemerintah RI.

Salbiah, Kastari. 2018. Faktor yang Berhubungan dengan Pelaksanaan PHBS di Rumah Tangga di Wilayah Kerja Upk. Puskesmas Telaga Biru Kelurahan Siantan Hulu Pontianak Utara. Pontianak: Sanitarian Jurnal Kesehatan Vol. 9 No. 1.

Sekar, G. 2018. Faktor yang Mempengaruhi Tingkat Perilaku Hidup Bersih Poned X. Malang: Jurnal Ilmu Kesehatan dan Kedokteran Keluarga, Vol. 14 No. 1, 2018; 7-14.

Shavers, VL. 2007. Measurement of Socioeconomic Status in Health Disparities Research. USA: Jurnal Natl Med Assoc. 2007;99(9):1013.

Soekidjo, N. 2007. Promosi Kesehatan dan Ilmu Perilaku. Jakarta: Rineka Cipta.

Wawan, A. Dewi, M. 2010. Teori dan Pengukuran Pengetahuan, Sikap dan Perilaku Manusia. Yogyakarta: Nuha Med. 2010; 11-8.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.