PENERAPAN METODE PEMBELAJARAN KOOPERATIF THE POWER OF TWO UNTUK MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA SMA NEGERI 1 SAMALANGA

Rahmi Hayati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan prestasi belajar siswa SMA Negeri 1 Samalanga melalui penerapan metode pembelajaran kooperatif the power of two. Penelitian ini merupakan jenis penelitian tindakan kelas (PTK), yang dilaksanakan di SMA Negeri 1 Samalanga, pada bulan November 2018. Sumber data penelitian adalah seluruh siswa kelas X3 yang berjumlah 24 siswa. Data yang dikumpulkan, berupa: 1) tes awal sebelum tindakan, 2) tes akhir setelah berakhirnya setiap tindakan, 3) hasil wawancara dengan subjek penelitian, 4) hasil observasi, 5) catatan lapangan selama pembelajaran berlangsung. Teknik pengumpulan data penelitian adalah dengan teknik: 1) tes, 2) observasi, 3) wawancara, dan 4) catatan lapangan. Selanjutnya, data yang telah dikumpulkan dianalisis dengan metode analisis data kualitatif. Sedangkan, langkah penelitiannya adalah: tahap perencanaan, pelaksanaan tindakan, observasi, refeksi dan kriteria keberhasilan. Kriteria untuk setiap tindakan terdiri dari kriteria proses dan hasil. Kriteria proses, jika observasi mencapai skor ≥80%. Sedangkan kriteria hasil belajar, jika ≥80% siswa mencapai nilai 65. Berdasarkan hasil penelitian, disimpulan bahwa: 1) penerapan metode pembelajaran  the power of two dapat meningkatkan prestasi belajar siswa pada materi persamaan kuadrat; 2) metode pembelajaran the power of two membuat siswa membina rasa solidaritas dalam kelompok belajarnya dengan membantu teman yang mengalami kesulitan; dan 3) kesulitan siswa dalam memahami materi persamaan kuadrat dapat diatasi dengan metode pembelajaran the power of two.

Kata kunci: penerapan, model pembelajaran, the power of two, meningkatkan, prestasi belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Aunurrahman. 2010. Belajar dan Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Asmiati. 2006. Pembelajaran Kooperatif Jigsaw pada Bidang Studi Matematika di Kelas VII SMP Negeri 3 Banda Aceh. Bireuen: Jurnal, FKIP Universitas Almuslim.

Ahmadi, Abu., Supriyono, Widodo. 2004. Psikologi Belajar. Jakarta: Rineka Cipta.

Ibrahim. 2000. Model Pembelajaran Kooperatif. Bandung: Remaja Resdakarya.

Iskandar. 2011. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Gaung Persada press.

Komalasi, Kokom. 2010. Pembelajaran Kontekstual Konsep dan Aplikasi. Bandung: Refika Aditama.

Maidiyah, E. 2008. Pelatihan Profesi Guru, PTK. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Mafatih, Ahmad Bisyri Hadi. 2007. Makalah Strategi Belajar dengan Cara Kooperatif (Bidang Studi IPS). http://media.diknas.go-id diakses pada tanggal 28 Mei 2008.

Moleong, L. J. 2007. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Resdakarya.

Rahmah, Johar. 2001. Model dan Pendekatan Pembelajaran. Banda Aceh: FKIP Unsyiah.

Suprijono, Agus. 2009. Cooperative Learning (Teori dan Aplikasi Paikem). Yogyakarta: Pustaka Belajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.