PENGARUH PENGGUNAAN MODUL DIGITAL BERBASIS GAMBAR PADA MATA KULIAH GEOMORFOLOGI UMUM TERHADAP HASIL BELAJAR MAHASISWA PENDIDIKAN GEOGRAFI UNIVERSITAS ALMUSLIM

Aisyah A Rahman, Muthmainna Muthmainna

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan modul digital berbasis gambar pada mata kuliah Geomorfologi Umum terhadap hasil belajar mahasiswa Pendidikan Geografi Universitas Almuslim. Penelitian ini merupakan jenis penelitian eksperimen, yang dilaksanakan pada bulan Februari s.d Juli 2019 pada semester genap tahun akademik 2018/2019 di Universitas Almuslim. Subyek penelitian adalah mahasiswa Prodi. Pendidikan Geografi Universitas Almuslim yang terdiri atas dua kelompok dan setiap kelompok terdiri atas 25 orang. Adapun model penelitiannya adalah The Untreated Control Group Design with Pretestand Posttest. Data yang telah dikumpulkan dari pengukuran variabel tergantung dan variabel bebas dianalisis dengan menggunakan ttes. Namun, sebelumnya dilakukan uji normalitas dan homogenitas pada data pascates (hasil belajar) mahasiswa untuk mengetahui apakah sebaran data berdistribusi normal atau tidak, sehingga ditentukan kesahihan hipotesis yang diuji. Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa hasil belajar dengan menggunakan modul digital berbasis gambar berbeda dengan hasil belajar tanpa menggunakan modul digital berbasis gambar, hal ini terlihat dari hasil analisis data diperoleh thitung lebih besar dari ttabel (2,99>2,02), maka Ha diterima dan Ho ditolak. Oleh karena itu, terdapat pengaruh penggunaan modul digital berbasis gambar pada mata kuliah Geomorfologi Umum terhadap hasil belajar mahasiswa Prodi. Pendidikan Geografi Universitas Almuslim.

Kata kunci: pengaruh, modul digital berbasis gambar, hasil belajar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Indriyanti, dkk. 2010. Pengembangan Modul. Pelatihan Pembuatan e-Module bagi Guru IPA Biologi SMP se-Kota Surakarta menuju Open Education Resources. Pada tanggal 7 Agustus 2010.

Purwanto, Edy. 2003. Pengaruh Pengorganisasian Teks Bidang Study Geografi Model Beck dan McKeown, Kemampuan Membaca dan Gaya Belajar terhadap Perolehan Belajar Membaca Siswa SLTP. Disertasi. Malang: Program Pascasarjana Universitas Negeri Malang.

Sanaky., Hujair, A.H. 2009. Media Pembelajaran. Yokyakarta: Safiria Insania Press.

Smaldino, E. Sharon. 2008. Instructional Technology and Media for Learning 9th Edition. New Jersey: Pearson Prentice.

Sudjana, Nana., Riva’i, Ahmad. 2003. Teknologi Pengajaran. Bandung: Sinar Baru Algensindo.

Siteupu, B.P. 2006. Penyusunan Buku Pelajaran. Jakarta: Verbum Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.