PENERAPAN METODE EKSPERIMEN PADA MATERI SIFAT-SIFAT CAHAYA DALAM UPAYA MENINGKATKAN PEMAHAMAN KONSEP SISWA DI KELAS V SD NEGERI 1 MUARA DUA KOTA LHOKSEUMAWE

Rahma Rahma, Nanda Safarati

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui peningkatan pemahaman konsep siswa pada materi sifat-sifat cahaya dengan metode eksperimen di kelas V SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe. Pendekatan penelitian ini adalah pendekatan kualitatif, dengan jenis penelitian tindakan kelas yang dilakukan dalam dua siklus dan setiap siklus dilaksanakan sebanyak dua tindakan. Penelitian ini dilaksanakan pada tanggal 30 Juli s.d 3 Agustus 2019 di SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe, tahun ajaran 2018/2019. Adapun subjek penelitian adalah siswa kelas V SD Negeri 1 Muara Dua Kota Lhokseumawe yang berjumlah 25 siswa. Dari hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) pemahaman konsep pada materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan metode eksperimen, terlihat siswa mengalami peningkatan hasil belajar siswa pada siklus I sebesar 52%, dan siklus II sebesar 88%; 2) hasil observasi untuk aktivitas guru pada materi sifat-sifat cahaya melalui penerapan metode eksperimen pada siklus I sebasar 73% dan siklus II sebesar 81%, sedangkan aktivitas siswa juga meningkat, pada siklus I sebesar 70% menjadi 93% siklus II; 3) respon siswa terhadap penerapan metode eksperimen pada materi sifat-sifat cahaya adalah sebesar 86% dengan kriteria senang; 4) penggunaan metode eksperimen dalam pembelajaran pada materi sifat-sifat cahaya meningkatkan pemahaman siswa dan berdampak pada ketuntasan hasil belajar siswa kelas V SD Negeri 1 Muara Dua kota Lhokseumawe yang tergolong dengan kategori baik.

Kata kunci: metode eksperimen, meningkatkan, pemahaman konsep


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi Askara.

Bahri. 2006. Metode Penelitian. Bandung: Media Persada.

Ekawarna. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: GP. Press.

Emzir. 2007. Metodologi Penelitian Pendidikan. Jakarta: Rajagrafindo Persada.

Maya, W., Endang, SM., Ismail, S. 2013. Peningkatan Pemahaman Konsep Sifat-sifat Cahaya melalui Model Pembelajaran Science, Environment, Technology and Society (SETS). Solo: Jurnal Didaktika Dwija Indria, Vol. 1 No. 2.

Sanjaya, Wina. 2007. Strategi Pembelajaran. Jakarta: Kencana.

Slameto. 2010. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudjono, Anas. 2003. Pengantar Statsistik Pendidikan. Jakarta: Raja Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.