ANALISIS SIKAP KONSUMEN TERHADAP IKAN AIR TAWAR DI KECAMATAN MANDE KABUPATEN CIANJUR PROPINSI JAWA BARAT

Ully Herriansyah

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui sikap konsumen terhadap ikan air tawar di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur Provinsi Jawa Barat. Penelitian ini merupakan jenis penelitian deskripsi kualitatif, yang dilaksanakan di Kecamatan Mande Kabupaten Cianjur Propinsi Jawa Barat. Hal ini dikarenakan kecamatan ini menjadi sentra pembesaran ikan air tawar di Kabupaten Cianjur tepatnya di kawasan wisata Jangari Desa Bobojong, yaitu pada bulan Juli s.d Desember 2012. Adapun sampel penelitian berjumlah 100 responden yaitu konsumen yang berumur diantara 20 s.d 50 tahun di Kecamatan Mande. Adapun metode analisis untuk pengukuran sikap konsumen menggunakan model Multiatribut Fishbein. Sedangkan, pengukuran tingkat kepentingan atribut dan sikap konsumen menggunakan Analisis Chi Kuadrat k Sampel. Dari hasil dan pembahasan penelitian, disimpulkan bahwa: 1) dari tingkat kepentingan atribut ikan air tawar, terdapat perbedaan tingkat kepentingan atribut yang menjadi pertimbangan konsumen saat membeli ikan air tawar di Kecamatan Mande; 2) dari sikap konsumen terhadap ikan air tawar, diperoleh sikap “baik” untuk Ikan Nila, dan “biasa saja” untuk Ikan Mas, Gurami dan Bawal; dan 3) dari tingkat kepercayaan konsumen terhadap ikan air tawar, terdapat perbedaan tingkat kepercayaan konsumen terhadap ikan air tawar, yaitu tingkat kepercayaan konsumen terhadap Ikan Nila lebih baik dibandingkan ketiga jenis ikan lainnya. Sementara untuk tingkat kepercayaan konsumen terhadap Ikan Mas, Gurami dan Bawal, berada pada kriteria yang sama yaitu “biasa saja”, menempatkan Ikan Mas lebih baik dari Ikan Gurami dan Bawal, serta Ikan Gurami lebih baik dari Ikan Bawal.

Kata kunci:  sikap konsumen, atribut, ikan air tawar


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Azwar, S. 2002. Sikap Konsumen Pemilihan Model dan Penelitiannya. Yogyakarta: Fakultas Ekonomi Universitas Islam Indonesia.

Kuncoro, M. 2003. Metode Riset untuk Bisnis dan Ekonomi. Jakarta: Erlangga.

Mowen, J.C.; M. Minor. 2002. Perilaku Konsumen Jilid I. (terj. Lina Salim). Jakarta: Erlangga.

Nazir, M. 2005. Metode Penelitian. Bogor: Ghalia Indonesia.

Prasetijo, R.; J.J.O.I. Ihalauw. 2005. Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Andi.

Santoso, S. 2001. Seri Solusi Bisnis Berbasis TI Menggunakan SPSS dan Excel untuk Mengukur Sikap dan Kepuasan Konsumen. Jakarta: Elex Media Komputindo Kelompok Gramedia.

Simamora, B. 2002. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

__________. 2004. Panduan Riset Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Singarimbun, M.; S. Effendi. 1995. Metode Penelitian Survei. Jakarta: LP3ES.

Sugiyono. 1999. Metode Penelitian Bisnis. Bandung: Alfabeta.

Sumarwan, U. 2002. Perilaku Konsumen Teori dan Penerapannya dalam Pemasaran. Bogor: Ghalia Indonesia.

Supomo, B.; Indriantoro, N. 2002. Metodologi Penelitian Bisnis. Yogyakarta: Bhakti Profesindo BPFE UGM.

Suprapti, S. 2009. Perilaku Konsumen. Denpasar: Udayana Press.

Swartha, B. D.H.; H. Handoko. 1997. Manajemen Analisis Perilaku Konsumen. Yogyakarta: Bhakti Profesindo BPFE UGM.

Umar, H. 2002. Riset Pemasaran dan Perilaku Konsumen. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.