ANALISIS TINGKAT KESULITAN MAHASISWA FISIKA DALAM MENYELESAIKAN UJIAN KOMPREHENSIF

Siraj Siraj, Esi Furyanti, Esi Furyanti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui tingkat kesulitan yang dihadapi mahasiswa Program Studi Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah dalam menyelesaikan ujian komprehensif. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif yang bersifat deskriptif analitik. Populasi dalam penelitian adalah seluruh mahasiswa Prodi. Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah yang berjumlah 233 mahasiswa. Adapun sampel penelitian yaitu 20 mahasiswa. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Teknik pengolahan data penelitian adalah mendiskripsikan data penelitian menggunakan persentase (%). Dari hasil penelitian, disimpulkan bahwa mahasiswa Prodi. Pendidikan Fisika kesulitan dalam menyelesaikan ujian komprehensif pada Prodi. Pendidikan Fisika FKIP Unsyiah, yaitu: mahasiswa mengalami kesulitan yang berupa tidak memahami soal dalam ujian komprehensif, kadang-kadang dosen memberikan soal kepadanya setelah menjelaskan contoh soal tentang konsep fisika, terlalu banyak rumus dan perhitungan sehingga mahasiswa tidak memahami konsep fisika dan sulit dalam menjawab soal pada ujian komprehensif, karena ujian komprehensif membuat frustasi, sehingga tidak bisa menjawab soal.

Kata kunci: tingkat kesulitan, mahasiswa fisika, ujian komprehensif


Referensi


REFERENSI

Mariana, I. Made, Alit; Wandy, Praginda. 2009. Hakikat IPA dan Pendidikan IPA. Bandung: Pusat Pengembangan dan Pemberdayaan Pendidik dan Tenaga Kependidikan Ilmu Pengetahuan Alam (PPPPTK IPA) untuk Program Bermutu.

Syah, Muhibbin. 2006. Psikologi Pendidikan dengan Pendekatan Baru. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rineka Cipta.

Sudijono, Anas. 2005. Pengantar Statistik Pendidikan. Jakarta: Grafindo Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.