ANALISIS PELAKSANAAN PROGRAM INDONESIA SEHAT DENGAN PENDEKATAN KELUARGA DI KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN TAHUN 2018

Ratna Sari Dewi, Tri Niswati Utami, Miskah Afriani

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis pelaksanaan PIS-PK di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen Tahun 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian campuran (mix method), yang dilaksanakan di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen pada bulan Oktober s.d Desember 2018. Adapun sampel penelitian adalah seluruh petugas kesehatan di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen, yang berjumlah 33 responden dan diambil dari petugas kesehatan yang aktif dalam pelaksanaan PIS-PK. Teknik pengambilan sampel menggunakan total sampling. Lalu, informan penelitian adalah petugas kesehatan yang melaksanakan PIS-PK di Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen sebanyak 10 orang yang mencakup 6 petugas kesehatan dan 4 masyarakat. Data yang diperoleh diolah melalui tahapan editing, coding, entry dan tabulasi data. Lalu, dianalisis dengan teknik bivariat. Hasil penelitian kuantitatif diperoleh bahwa pendanaan, sarana prasarana dan dukungan pemerintah berhubungan dengan pelaksanaan PIS-PK. Sedangkan, hasil penelitian kualitatif dalam bidang pendanaan, dana diamprah dari BOK, karena anggarannya belum dicairkan sehingga pelaksanaannya tertunda. Bidang dukungan pemerintah, tingkat pemerintah daerah sudah terlaksana dengan baik, tetapi di desa masih terkendala dari pihak kepala desa yang belum mensosialisasikan ke masyarakat. Bidang SDM, admin PIS-PK hanya 1 orang. Bidang sarana prasarana, sudah terpenuhi namun tidak cukup. Bidang kondisi masyarakat, tidak semuanya siap dengan PIS-PK karena kurangnya sosialisasi. Bidang hubungan dengan pusat, masih ada jaringan internet yang terganggu. Diharapkan pihak puskesmas melakukan perencanaan  komprehensif dalam hal alokasi anggaran, tenaga pelaksana kunjungan rumah dan mekanisme pengumpulan data, serta sosialisasi ke lintas sektor untuk kelancaran kunjungan rumah.

Kata kunci: pendanaan, sarana prasarana, dukungan pemerintah, PIS-PK


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Agustino, L. 2010. Dasar-dasar Kebijakan Publik. Bandung: Alfabeta.

Dinas Kesehatan. 2018. Laporan PIS-PK di Kabupaten Bireuen. Bireuen: Dinas Kesehatan.

Indonesia KKR. 2016. Pedoman Umum PIS-PK. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

_________________. Peraturan Menteri Kesehatan RI No. 74 Tahun 2016 tentang Standar Pelayanan Kefarmasian di Puskesmas. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI.

Kemenkes RI. 2017. Buku Monitoring dan Evaluasi PIS-PK. Vol. 1. Jakarta: Kemenkes RI.

________________. Petunjuk Teknis Aplikasi Keluarga Sehat. Jakarta: Kemenkes RI.

Nasution, S. 2013. Metode Research (Penelitian Ilmiah). Jakarta: Bumi Aksara.

Timur J, Tengah J, Barat J, Utara S, Selatan S, Barat S, et al. 2018. Jumlah Kunjungan Keluarga Sehat Tingkat Nasional Per 2 Januari 2018 Sumber Data : Aplikasi KS Jumlah Kunjungan Keluarga Sehat Tingkat Kab/Kota Per 2 Januari 2018 s.d tanggal 2 Jan 2018, Jumlah Kunjungan Keluarga yang dilaporkan melalui Aplikasi Kelu.

Tashakkori, A.; Teddlie, C. Mixed. 2010. Methodology Mengombinasikan Pendekatan Kualitatif dan Kuantitatif. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Usman, N. 2012. Konteks Implementasi Berbasis Kurikulum. Jakarta: Raja Graf Persada.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.