ANALISIS KUALITAS PELAYANAN PASIEN RAWAT INAP DI RUMAH SAKIT MUYANG KUTE KABUPATEN BENER MERIAH TAHUN 2018

Srimurniyanti Srimurniyanti

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui kualitas pelayanan pasien rawat inap di Rumah Sakit Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018. Penelitian ini merupakan jenis penelitian kualitatif tipe deskriptif. Adapun penelitian ini dilaksanakan di Rumah Sakit Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah, yang dimulai dari bulan Maret hingga selesai. Sedangkan sumber data penelitian berupa data primer dan data sekunder. Teknik pengumpulan data penelitian dilaksankan melalui teknik observasi, wawancara dan dokumentasi. Sedangkan analisa data penelitian dilakukan melalui tiga langkah, yaitu: 1) reduksi data; 2) penyajian data; dan 3) menarik simpulan (verifikasi). Hasil penelitian menunjukkan bahwa kualitas pelayanan pasien rawat inap di RSUD Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah Tahun 2018 masih kurang baik dan perlu perbaikan dalam beberapa hal, salah satunya fasilitas di RSUD Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah yang masih kurang. Hal ini dikarenakan adanya keluhan dari pasien tentang kebersihan toilet, ketersedian air, kondisi bangunan yang harus diperbaiki sepanjang koridor di luar ruang rawat inap dan tidak adanya alat komunikasi penghubung telepon atau bel di setiap kamar dengan perawat. Kemampuan perawat dalam memberikan pelayanan ternyata belum cukup memuaskan pasien dan perawat belum melaksanakan sepenuhnya tugas dan fungsinya sesuai prosedur. Rumah sakit tersebut belum cukup bagus merespon keluhan dan kebutuhan pasien. Pembagian tenaga kesehatan yang ikut pelatihan harus diberikan secara adil dan merata dan diusulkan dari setiap bidang. Perawat yang memberikan pelayanan dinilai kurang baik, bahkan masih ada perawat yang masih perlu pembinaan dari kepala ruang atau atasan. Keamanan RSUD Muyang Kute Kabupaten Bener Meriah masih kurang maksimal dikarenakan tidak ada patroli keliling di sekitar rumah sakit.

Kata kunci:  analisis, kualitas pelayanan, pasien rawat inap


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Anjaryani, Diah. 2009. Kepuasan Pasien Rawat Inap terhadap Pelayanan Perawat di RSUD Tugurejo Semarang (hlm. 5). Semarang: Universitas Diponegoro.

Hadijah. 2018. Analisis Kualitas Pelayanan Rawat Inap di RSUD Undata Palu Provinsi Sulawesi Tengah. E-Jurnal Katalogis. Vol. 4 No. 7. Halaman 118-129.

Jackson, J., Champberlin, J., Kroenke, K. 2001. Predictors of Patients Satisfaction. Social Science and Medicine 52: 609-620.

Jilid 1. Edisi Bahasa Inggris. Pearson Education. Inc. Upper Saddler River.

Jurnal Manajemen Pelayanan Kesehatan, Vol.10 No. 1 Maret 2007.

Kotler; Keller. 2009. DeReMa Jurnal Manajemen Vol. 11 No. 2, hal. 138-139, September 2016.

Kotler, (Alma). 2007. Manajemen Pemasaran dan Jasa. Edisi Revisi hal. 286. Bandung: Alfebeta.

Moleong. 2005. Metodelogi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

_______. 2012. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nooria. 2008. Manajemen Pemasaran Jasa. Jakarta: Indeks Kelompok Media.

Nur Ana Zahrotul C.A. 2008. Kepuasan Pasien ditinjau dari Kualitas Pelayanan Perawat di Rumah Sakit TK.IV Dr. M.Yasin Watampone. Skripsi Fakultas Psikologi dan Ilmu Sosial Budaya, Yogyakarta hlm. 45. Perpustakaan Universitas Islam Indonesia.

Nursalam. 2011. Dasar-dasar Dokumentasi Keperawatan. Jakarta: EGC.

_______. 2012. Manajemen Keperawatan: Aplikasi dalam Praktik Keperawatan Propesional. Edisi 3. Jakarta: Selemba Medika.

Pasal 1 ayat (10) Undang – Undang Praktik Kedokteran.

Setyaningsih. 2013. Pengaruh Kualitas Pelayanan Terhadap Kepuasan Konsumen (Survei Konsumen The Little A Coffee Shop Sidoarjo). Jurnal Administrasi Bisnis (JAB). Vol. 51 No. 2 Hlm. 1-7.

Titik, Triwulan; Shinta, Febrina. 2010. Perlindungan Hukum bagi Pasien. Jakarta: Prestasi Pustaka.

Tjiptono. 2009. Manajemen Jasa. Edisi Pertama. Yogyakarta: Andi.

____________. Strategi Pemasaran. Edisi Tiga. Jakarta: Andi.

UU Republik Indonesia No. 44 Tahun 2009 tentang Rumah Sakit.

UU Nomor 36 Tahun 2009 tentang Kesehatan

UU Rumah Sakit No. 44 Tahun 2009 Pasal 32.

Willa, Candrawila. 2004. Hukum Kedokteran, hlm. 20. Bandung: Mandar Maju.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.