MENJAGA EKSITENSI PASAR RAKYAT MELALUI KEBIJAKAN REVITALISASI DI KABUPATEN BIREUEN

Syarifah Maihani, Zahraini .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi potensi dan hambatan penataan pasar tradisional induk terbesar di Kabupaten Bireuen yaitu Pasar Pagi dan merumuskan strategi kebijakan dalam model penataan pasar tradisional. Teknik pengumpulan data menggunakan metode survei melalui in-depth interview dan data sekunder sebagai penunjang. Sedangkan pengambilan sampel menggunakan random sampling. Metode analisis yang digunakan adalah deskriptif kuantitatif untuk menangkap deskripsi umum intensitas kegiatan perdagangan dan analisis SWOT untuk melihat faktor internal dan eksternal dalam penataan pasar berdasarkan karakteristik fasilitas dan manfaat kebijakan revitalisasi untuk tiap area pasar baik indoor maupun outdoor. Manfaat dari penelitian diharapkan memberikan gambaran kondisi pasar tradisional berdasarkan kesesuaian karakteristik kegiatan, fasilitas dan utilitas dari lokasi indoor maupun outdoor area pasar serta menjadi referensi bagi pemerintah daerah dan stakeholder dalam merumuskan strategi kebijakan dan model pengembangan pasar tradisional. Luaran penelitian diharapkan menjadi prosiding seminar ilmiah lokal, publikasi ilmiah pada jurnal lokal dan bahan ajar.

Kata kunci: pasar tradisional, pasar modern, kebijakan, revitalisasi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Agustian, A. 2007. Daya Saing dan Profil Produk Agroindustri Skala Kecil (Kajian di Propinsi Lampung). Prosiding Seminar Nasional Teknologi Inovatif Pasca Panen untuk Pengembangan Agroindustri Berbasis Pertanian. Balai Besar Penelitian dan Pengembangan Pascapanen Pertanian, Hal. 979 – 989.

Kustiari, R. 2007. Perkembangan Pasar kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia. Pusat Analisis Sosial Ekonomi dan Kebijakan Pertanian, Hal. 43 – 55.

______. 2008. Pasar Kopi Dunia dan Implikasinya bagi Indonesia. Jakarta: Majalah Kopi Indonesia, AEKI.

Pearson, S. C. Gotsch; Sjaiful, Bahri. 2003. Aplikasi Policy Analysis pada Pertanian Indonesia. www.macrofoodpolicy.com

Rahman, R., A. Nuhung; M. Rachmat. 2007. Studi Pengembangan Sistem Agribisnis Perkebunan Rakyat dalam Perspektif Globalisasi Ekonomi. Bogor: Makalah Seminar Hasil Penelitian, Puslitbang Sosek Pertanian.


Refbacks

  • »
  • »