PENGGUNAAN MULTIMEDIA INTERAKTIF COMPACT DISC OF MATH (CD-M) UNTUK MENINGKATKAN KEMAMPUAN BERPIKIR KREATIF MATEMATIS

Novianti ., Rahmi Hayati

Sari


ABSTRAK

Penggunaan media pembelajaran merupakan faktor penunjang agar tercapainya tujuan pembelajaran. Oleh karena itu, penggunaan multimedia interaktif menjadi salah satu media yang  dapat merubah proses pembelajaran menjadi lebih baik serta meningkatkan hasil belajar. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui: 1) pembelajaran menggunakan multimedia interaktif Compact Disc of Math (CD-M) lebih baik dari pada yang diajarkan dengan pembelajaran konvensional sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis; 2) aktivitas  mahasiswa dalam pembelajaran menggunakan multimedia interaktif CD-M terhadap  kemampuan berpikir kreatif matematis. Penelitian ini merupakan penelitian kuantitatif dengan rancangan penelitian eksperimen semu. Sampel yang dipilih berjumlah dua kelas, satu kelas sebagai eksperimen yang diajarkan dengan media CD-M dan satu lagi kelas kontrol dengan pembelajaran konvensional pada mahasiswa semester IV mata kuliah geometri analitik bidang Program Studi Pendidikan Matematika Universitas Almuslim. Analisis data digunakan untuk menilai peningkatan kemampuan berpikir kreatif matematis menggunakan uji statistika yaitu uji-t. Hasil penelitian, diperoleh  yaitu 3,03>1,68; sehingga  diterima. Maka, disimpulkan bahwa penggunaan media pembelajaran CD-M lebih baik dari pada pembelajaran konvensional sehingga dapat meningkatkan kemampuan berpikir kreatif matematis. Pengamatan kegiatan mahasiswa diperoleh skor persentase rata-rata sebesar 85,45%. Sehingga, hasil observasi yang diamati oleh pengamat, taraf keberhasilan proses pembelajaran di kelas eksperimen dikategorikan baik.

Kata kunci:  Multimedia, Compact Disc of Math (CD-M), berfikir kreatif matematis, Geometri Analitik Bidang


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ansari, B.I. 2009. Komunikasi Matematik. Banda Aceh: Yayasan Pena.

Arsyad, A. 2007. Media Pembelajaran. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Green, T. D; Brown, A. 2002. Multimedia Project in the Classroom. USA: Carvin Press, Inc.

Johnson, Elaine B. 2011. CTL (Menjadikan Kegiatan Belajar-Mengajar Mengasyikkan dan Bermakna). Bandung: Kaifa.

Meltzer; David E. 2002. The Relationship between Mathematics Preparation an Conceptual Learning Gainin Phsics: ‘hiddenvariable’ in diagnostik Pretest Scores”. American Journal of Physyics. 70 (12), 1259-1267.

Mulyana, Rahmat. 2004. Mengartikulasikan Pendidikan Nilai. Bandung: Alfabeta.

Rudi, Cepidan; dkk. 2007. Media Pembelajaran. Bandung: Wacana Prima.

Sadiman, A.S.; dkk. 2008. Media Pendidikan (Pengertian, Pengembangan dan Pemanfaatannya). Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Sudjana. 2005. Metode Statistika. Bandung: Tarsito.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Pendidikan: Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Bandung: Alfabeta.

Suharsimi, Arikunto. 2002. Dasar-dasar Evaluasi Pendidikan (Edisi Revisi). Jakarta: Bumi Aksara.


Refbacks

  • »
  • »
  • »