PENGARUH MODEL PEMBELAJARAN KUMON TERHADAP KEMAMPUAN PEMECAHAN MASALAH PADA MATERI PERSAMAAN KUADRAT YANG BERBANTUAN SOFTWARE ALGEBRATOR DI KELAS X IPA SMA NEGERI 2 PEUSANGAN

Riska Novianti, Rahmi Wahyuni

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh penggunaan model pembelajaran kumon terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa yang berbantuan software algebrator pada materi persamaan kuadrat di kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan. Jenis penilitiannya adalah quasi eksperimen dengan desain penelitian pretest postest control group desain. Populasi penelitian adalah siswa kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan tahun pelajaran 2016/2017 yaitu satu kelas dari seluruh kelas X SMA Negeri 2 Peusangan yang dipilih secara acak. Teknik pengumpulan data menggunakan tes kemampuan pemecahan masalah dan analisis data menggunakan rumus korelasi produk moment. Berdasarkan hasil pengolahan data diperoleh thitung ˃ ttabel yaitu 12,309 ˃ 2,048, sehingga disimpulkan bahwa Ha diterima dan menolak Ho atau terdapat pengaruh antara strategi pembelajaran kumon terhadap kemampuan pemecahan masalah siswa pada materi persamaan kuadrat yang berbantuan software algebrator di kelas X IPA SMA Negeri 2 Peusangan.

Kata kunci:  kemampuan pemecahan masalah, kumon, persamaan kuadrat, software algebrator


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Andriatna, riki. 2012. Meningkatkan Kemempuan Pemecahan Masalah Matematis Siswa SMA melalui Menulis Matematika dalam Pembelajaran Berbasis Masalah. Skripsi. Bandung: UPI.

Arikunto, Suharsimi. 2006. Prosedur Penelitian suatu Pendekatan Praktis. Jakarta: Bumi Aksara.

Hudojo, H. 2001. Mengajar Belajar Matematik. Jakarta: P2LPTK, Dirjen Dikti, Depdikbud.

Junaidi, dkk. 2013. Pengaruh Metode Pembelajaran Kumon terhadap Peningkatan Hasil Belajar Matematika Siswa di Kelas VII MTs Sigli pada Limas. Journal Sains Riset (online).Vol 3. No. 18. di akses tanggal 13 Desember 2016, dari Http://journal Education.

Lukman. 2008. Bagaimana Penerapan Metode Kumon itu, diakses 24 Oktober 2016, dari http://kurikulumberbasis.wordpress.com/2008/07/07/bagaimanakah penerapan metode kumon itu.

Mulyasa, E. 2007. Kurikulum Tingkat Satuan Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Polya, George. 1973. How to Solve it-a New Aspect of Mathematical Mithod (second edition). New Jeusey: Paincetan University Press.

Prabawanto, Sufyani. 2009. Pembelajaran Matematika dengan Pendekatan Realistik untuk Meningkatkan Kemampuan Pemecahan Masalah dan Disposisi Matematik Siswa. Bandung: Jurusan Pendidikan Matematika FPMIPA UPI

Rahman, R. 2010. Pengaruh Pembelajaran Berbantuan Geogebra terhadap Kemampuan Berpikir Kreatif dan Selft Concept Siswa. Bandung: Tesis SPs UPI.

Sagala, Syaiful. 2011. Konsep dan Makna Pembelajaran. Bandung: Alfabeta.

Suherman, Erman. 2003. Common Text Book Strategi Pembelajaran Matematika Kontemporer. Bandung: JICA-Universitas Pendidikan Indonesia (UPI).

Sugiyono. 2009. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D. Bandung: Alfabeta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »