PELATIHAN MANAJEMEN PEMELIHARAAN TERNAK KAMBING BERBASIS LINGKUNGAN DI DESA GAMPONG RAYA DAGANG KECAMATAN PEUSANGAN KABUPATEN BIREUEN PROVINSI ACEH

Zulfikar Zulfikar, Hambali Hambali, Syarkawi Syarkawi, Saiful Hurri, Abdul Malik

Sari


Kegiatan PKM berupa pelatihan manajemen pemeliharaan ternak kambing berbasis lingkungan di Desa Gampong Raya Dagang Kec. Peusangan Kab. Bireuen Provinsi Aceh adalah untuk menciptakan konsep pengelolaan ternak berbasis lingkungan dan inovatif supaya menghasilkan ternak yang ASUH (Aman Sehat Utuh dan Halal) sesuai rekomendasi Departemen Pertanian dan FAO dengan mendapatkan produksi dan produktifitas secara optimal melalui peningkatan kuantitas dan kualitas bibit, peningkatan produksi ternak dan pakan ternak dengan pendayagunaan sumber daya lokal. Pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan melalui tahapan: 1) pertemuan awal dengan masyarakat gampong sebagai kelompok peternak dan mahasiswa Prodi. Peternakan semester akhir; 2) melakukan pembangunan kandang secara gotong royong oleh calon peternak dan mahasiswa; 3) pengadaan ternak kambing; 4) pelatihan usaha ternak kambing diikuti dengan praktikum pelaksanaan pemeliharaan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM berupa pelatihan manajemen pemeliharaan ternak kambing berbasis lingkungan di Desa Gampong Raya Dagang Kec. Peusangan Kab. Bireuen Provinsi Aceh disimpulkan bahwa: 1) pelatihan ini merupakan program yang dibutuhkan masyarakat sebagai upaya pemecahan masalah pemeliharaan ternak dengan hasil yang belum optimal; 2) pelatihan ini memiliki makna tersendiri bagi peserta pelatihan, karena menggunakan metode yang sesuai guna mendapatkan manajemen yang tepat; dan 3) hasil pelatihan menunjukkan adanya peningkatan kemampuan peternak dalam tata kelola pemeliharaan ternak kambing untuk mendapatkan produksi dan produktifitas secara maksimal.

Kata Kunci:  manajemen pemeliharaan, ternak kambing berbasis lingkungan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ayu, Septi Anggraeni., dkk. 2015. Penerapan Sistem Pertanian Terpadu Berbasis Kambing Peranakan Etawah di Kab. Gunung Kidul. Prosiding Seminar Nasional Teknologi Peternakan dan Veteriner. Bogor: Kementerian Pertanian RI.

Diwyanto, K., dkk. 2005. Prospek dan Arah Pengembangan Komoditas Peternakan: Unggas, Sapi dan Kambing-Domba. Jurnal Wartazoa, Vol. 15 No. 1. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Peternakan.

Dirjen. Peternakan dan Kesehatan Hewan. 2014. Laporan Tahunan 2014. Jakarta: Dirjen. Peternakan dan Kesehatan Hewan, Kementerian Pertanian.

IFAD. 2004. Integrated crop-livestock farming systems.

url: www.ifad.org/lrkm/factsheet/integratedcrop.pdf diakses pada tanggal 18 Agustus 2020.

Julendra, H., dkk. 2013. Evaluasi Penerapan Sistem Pertanian Terpadu Berbasis Sapi Potong di Delapan Lokasi dengan Letak Geografis yang Berbeda. Seminar Nasional dan Workshop Peningkatan Pemanfaatan Inovasi dalam Menanggulangi Kemiskinan. Pusat Penelitian TELIMEK LIPI Bandung & Balai Besar Pengembangan Teknologi Tepat Guna (B2PTTG) LIPI, Subang. 30 September-1 Oktober 2013.

Maulana. 2017. Manajemen Pemeliharaan Ternak Kambing.

http://lolitkambing.litbang.pertanian.go.id/index.php/en/ind/index.php?option=com_content&view=article&id=215:manajemen-pemeliharaan-ternak-kambing&catid=4:info-aktual diakses pada tanggal 16 Agustus 2020.

Zulfikar. 2014. Modul Pelatihan Manajemen Pemeliharaan Kambing. Hibah Dikti Ipteks bagi Kewirausahaan (IBK) Tahun 2013. Aceh: Kerjasama Universitas Malikussaleh Lhokseumawe dan Universitas Almuslim Bireuen.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.