OPTIMALISASI PEMBERDAYAAN KADER DALAM MENDORONG KEBERHASILAN PEMBERIAN ASI EKSLUSIF DENGAN PENINGKATAN PENGETAHUAN TENTANG INISIASI MENYUSU DINI (IMD) DAN TEKNIK MENYUSUI YANG BENAR

Kurniyati Kurniyati, Indah Fitri Andini, Derison Marsinova Bakara

Sari


Kegiatan PKM melalui sosialisasi optimalisasi pemberdayaan kader dalam mendorong keberhasilan pemberian ASI Ekslusif dengan peningkatan pengetahuan tentang Inisiasi Menyusu Dini (IMD) dan teknik menyusui yang benar adalah supaya: 1) kader mengetahui tentang ASI ekslusif, IMD dan teknik menyusui yang benar; 2) kader mengetahui cara melakukan IMD dan teknik menyusui yang benar; dan 3) kader dapat mengajarkan ibu hamil tentang ASI ekslusif, IMD dan teknik menyusui yang benar. Pelaksanaan kegiatan PKM ini menggunakan metode skill development dengan memberikan informasi, pelatihan dan pendampingan pelaksanaan IMD dan teknik menyusui yang benar. Peserta kegiatan adalah kader di wilayah kerja Puskesmas Perumnas Kab. Rejang Lebong Provinsi Bengkulu, yang berjumlah 25 peserta. Adapun pelaksanaan kegiatan ini, melalui tahapan pra pelaksanaan, pelaksanaan dan pasca pelaksanaan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM melalui sosialisasi optimalisasi pemberdayaan kader dalam mendorong keberhasilan pemberian ASI Ekslusif dengan peningkatan pengetahuan tentang IMD dan teknik menyusui yang benar disimpulkan bahwa kegiatan telah berjalan dengan baik. Hal ini diketahui dari tingkat kehadiran dan antusias peserta dalam kegiatan dan adanya peningkatan pengetahuan kader setelah kegiatan. Adapun peningkatan pengetahuan kader setelah kegiatan penyuluhan, demonstrasi cara melakukan IMD dan teknik menyusui yang benar serta redemonstrasi oleh peserta memperoleh hasil dengan rata-rata nilai pengetahuan peserta sebesar 95, menunjukkan kegiatan sosialisasi mampu meningkatkan pengetahuan kader dalam melakukan IMD dan teknik menyusui yang benar dalam mendukung keberhasilan ASI Ekslusif.

Kata Kunci:  ASI ekslusif, IMD, optimalisasi, pemberdayaan kader, teknik menyusui


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Bobak, Lowdermilk., Jensen. 2004. Keperawatan Maternitas Edisi 4. Alih Bahasa Wijayarini, M.A., Anugerah, P.I. Jakarta: EGC.

Dinkes Provinsi Bengkulu. 2019. Profil Kesehatan Bengkulu Tahun 2018. Bengkulu: Dinkes Provinsi Bengkulu.

Ho., Mc Grath. 2010. A Review of the Psychometric Properties of Breastfeeding Assessment Tools, JOGNN, 39, 386-400.

Ingram., et al. 2014. The Development of a New Breast Feeding Assessment Tool and the Relationship with Breast Feeding Self-Efficacy.

Kemenkes, RI. 2019. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2018. Jakarta: Kemenkes RI.

Kemenkes, RI. 2012. Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 33 Tahun 2012 tentang Pemberian Air Susu Ibu Eksklusif. Jakarta: Kemenkes RI.

Moore, E.R., Anderson, G.C., Bergman, N. 2007. Early skin-to-skin Contact for Mothers and their Healthy Newborn In-fants (Review), The Cochrane Library (3).

Roesli, U. 2008. Inisiasi Menyusu Dini plus ASI Eksklusif. Jakarta: Pustaka Bunda.

Wulandari., Handayani. 2011. Asuhan Kebidanan Ibu Masa Nifas. Yogyakarta: Gosyen Publishing.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.