PENGABDIAN MASYARAKAT PROGRAM STUDI PG PAUD UNIVERSITAS ALMUSLIM MELALUI SEMINAR PARENTING DENGAN TEMA MENJADI ORANG TUA BIJAK PADA ERA MILENIAL DI TK PERTIWI BIREUEN

Fauziatul Halim, Berliantika Putri Aswir, Rudi July Saputra, Muhammad Kharizmi

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa seminar parenting dengan tema menjadi orang tua bijak pada era milenial di TK Pertiwi Bireuen oleh Program Studi PG PAUD Universitas Almuslim, secara umum bertujuan untuk membantu pemahaman wali murid dan guru TK Pertiwi Bireuen untuk bijak dalam menghadapi generasi milenial. Sehingga, adanya kegiatan seminar parenting ini menjadikan wali murid dan guru sebagai orang tua bijak di era milenial, serta menjadi alternatif dalam menjawab berbagai fenomena yang terjadi dalam menghadapi perkembangan revolusi industri 4.0. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui seminar parenting dengan tema menjadi orang tua bijak pada era milenial di TK Pertiwi Bireuen oleh Program Studi PG PAUD Universitas Almuslim dilaksanakan pada tanggal 7 s.d 8 Desember 2019. Adapun lokasi kegiatan pengabdian ini adalah di TK Pertiwi Kab. Bireuen. Pelaksanaan kegiatan PKM berupa seminar parenting dengan tema menjadi orang tua bijak pada era milenial di TK Pertiwi Bireuen yang dilaksanakan oleh Program Studi PG PAUD Universitas Almuslim, menggunakan metode pelaksanaan melalui sosialisasi dalam bentuk seminar parenting. Kegiatan seminar parenting ini diikuti oleh wali murid dan guru TK pertiwi Bireuen yang berjumlah 40 orang. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa seminar parenting dengan tema menjadi orang tua bijak pada era milenial di TK Pertiwi Bireuen yang dilaksanakan oleh Program Studi PG PAUD Universitas Almuslim disimpulkan bahwa: a) pelaksanaan kegiatan seminar parenting ini telah berjalan sangat baik, terlihat partisipasi dan motivasi peserta sangat baik; b) pemahaman wali murid dan guru TK Pertiwi Bireuen untuk menjadi orang tua bijak di era milenial meningkat sesudah kegiatan seminar parenting ini berlangsung dan terlihat adanya pengaruh dari pelaksanaan seminar parenting dengan tema menjadi orang tua bijak pada era milenial, sebagai upaya meningkatkan kemampuan wali murid dan guru dalam mendidik generasi alfa di era milenial.

Kata Kunci: seminar parenting, menjadi orang tua bijak pada era milenial, TK Pertiwi


Kata Kunci


seminar parenting, menjadi orang tua bijak pada era milenial, TK Pertiwi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arya, P.K. 2008. Rahasia Mengasah Talenta Anak. Yogjakarta: Think.

Hurlock, Elizabeth B. 1998. Psikologi Perkembangan, terj. Istiwidiyanti., Soedjarwo. Jakarta: Erlangga.

Anonym. 2007. Prinsip dan Praktek Pendidikan Anak Usia Dini. Jakarta: Direktorat PAUD.

Munandar, Utami. 1999. Kreativitas dan Keberbakatan. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Papalia, Diane E, Etc. 2008. Human Development (Psikologi Perkembangan) terj. A. K. Anwar). Jakarta: Kencana Prenada Media Grup.

Santrock, W. John. 1995. Life Span Development. Jakarta: Erlangga.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.