PENYULUHAN HIPERTENSI DAN MODIFIKASI GAYA HIDUP LANSIA DENGAN HIPERTENSI DI GAMPONG SAGOE KECAMATAN SIMPANG TIGA KABUPATEN PIDIE

Risna Risna, Neila Fauziah

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan hipertensi dan modifikasi gaya hidup lansia dengan hipertensi di Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie, secara umum bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan hipertensi dan modifikasi diet yang tepat bagi penderita hipertensi dan secara khusus untuk meningkatkan pengetahuan, kemauan dan kemampuan tentang hipertensi dan modifikasi diet yang tepat untuk penderita hipertensi pada lansia di Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga kab. Pidie. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui penyuluhan hipertensi dan modifikasi gaya hidup lansia dengan hipertensi di Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie dilaksanakan pada tanggal 4 Januari 2020. Adapun lokasi kegiatan pengabdian ini adalah di Meunasah Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie. Pelaksanaan kegiatan PKM berupa penyuluhan hipertensi dan modifikasi gaya hidup lansia dengan hipertensi di Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie, melalui tahapan survei kelompok sasaran, persiapan saran dan prasarana, pelaksanaan kegiatan aksi, dan evaluasi. Adapun metode pelaksanaan kegiatan PKM berupa penyuluhan dan pemeriksaan kesehatan. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan hipertensi dan modifikasi gaya hidup lansia dengan hipertensi di Gampong Sagoe Kec. Simpang Tiga Kab. Pidie disimpulkan bahwa tekanan darah tinggi merupakan salah satu faktor resiko penyakit jantung. Adapun dengan menurunkan tekanan darah tinggi, angka morbiditas dan mortalitas dapat diturunkan. Modifikasi gaya hidup seperti penurunan berat badan, penerapan diet kombinasi DASH, aktivitas fisik yang teratur, dan tidak merokok adalah langkah pertama penanganan hipertensi, sehingga dapat meningkatkan derajat kesehatan.

Kata Kunci: penyuluhan, hipertensi, modifikasi gaya hidup lansia


Kata Kunci


penyuluhan, hipertensi, modifikasi gaya hidup lansia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Depkes. RI. 2008. Laporan Hasil Riset Kesehatan Dasar (Riskesdas) Indonesia 2007. Jakarta: Depkes. RI.

Tedjasukmana, P. 2012. Tata Laksana Hipertensi. Jakarta: Departemen Kardiologi, RS Premier Jatinegara dan RS Grha Kedoya.

Pradono, J. 2010. Faktor yang Mempengaruhi Terjadinya Hipertensi di Perkotaan (Analisis data Riskesdas 2007). Gizi Indonesia 2010, 33(1) Hal.59-66.

url: https://www.persagi.org/ejournal/index.php/Gizi_Indon/article/view/83 diakses pada tanggal 10 januari 2020.

Notoatmojdo, S. 2003. Ilmu Kesehatan Masyarakat. Jakarta: Rineka Cipta.

Nugroho, H.W. 2008. Keperawatan Gerontik dan Geriatrik. Jakarta: Buku Kedokteran, EGC.

Hadi, Martono. 2006. Penatalaksanaan Hipertensi pada Usia Lanjut dalam Geriatri I. Jakarta: Balai Penerbit FKU.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.