PENYULUHAN TENTANG PENTINGNYA MINAT BERWIRAUSAHA DALAM MEMBENTUK KARAKTER MANDIRI SISWA MELALUI KEGIATAN KEWIRAUSAHAAN DI MAN 2 BIREUEN

Syarifah Maihani, Baihaqi Baihaqi, Maryam Jamilah Lubis, Kumita Kumita

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan tentang pentingnya minat berwirausaha dalam membentuk karakter mandiri siswa melalui kegiatan kewirausahaan di MAN 2 Bireuen bertujuan untuk membantu pihak sekolah memaksimalkan program kewirausahaan yang merupakan muatan lokal sekolah dalam mewujudkan siswa MAN 2 Bireuen agar lebih memahami konsep dan wawasan kewirausahaan, dalam mewujudkan manusia yang berkualitas, bukan hanya mampu mencari pekerjaan, melainkan mengembangkan SDM berkualitas yang mampu menyediakan lapangan pekerjaan bagi dirinya sendiri dan orang lain. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat ini  dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2020. Adapun lokasi kegiatan pengabdian ini adalah di MAN 2 Bireuen. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM ini melalui tahap observasi langsung dan demonstrasi. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa penyuluhan tentang pentingnya minat berwirausaha dalam membentuk karakter mandiri siswa melalui kegiatan kewirausahaan di MAN 2 Bireuen, dapat disimpulkan bahwa: 1) MAN 2 Bireuen berperan penting dalam melahirkan generasi wirausaha, maka perlu perencanaan yang dilaksanakan untuk menghasilkan tamatan bermental wirausaha, salah satunya dengan pembiasaan penerapan wirausaha bagi siswa; 2) pembiasaan penerapan wirausaha di sekolah dapat ditempuh melalui kegiatan belajar mengajar, penerapan nilai karakter kewirausahaan dan praktik berwirausaha.

Kata Kunci: penyuluhan, pentingnya minat berwirausaha, membentuk karakter mandiri siswa, kegiatan kewirausahaan


Kata Kunci


penyuluhan, pentingnya minat berwirausaha, membentuk karakter mandiri siswa, kegiatan kewirausahaan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Basrowi. 2014. Kewirausahaan untuk Perguruan Tinggi. Cetakan kedua. Bogor: Ghalia Indonesia.

Buchari, Alma. 2014. Kewirausahaan untuk Mahasiswa dan Umum. Bandung: Alfabeta.

Eddy, Soeryanto Soegoto. 2009. Menjadi Pembisnis Ulung. Jakata: Kompas.

Moh. Alifudin., Mashur, Razak. 2015. Kewirausahaan: Strategi Membangun Kerajaan Bisnis. Jakarta: Magna Script Publishing.

Sonny, Keraf. 2008. Etika Bisnis. Yogyakarta: Kanisius.

Rhonda, Abrams. 2005. Business Plan in a Day. (Cara Jitu Membuat Rencana Bisnis). Yogyakarta: Kanisius.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.