PELATIHAN BAHASA INGGRIS KOMUNIKATIF DENGAN BERMAIN DAN BERNYANYI BAGI SISWA SD NEGERI 15 PEUSANGAN BIREUEN ACEH

Silvi Listia Dewi, Zuraini Zuraini, Iswadi Iswadi, Misnar Misnar, Misnawati Misnawati

Sari


Kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan Bahasa Inggris komunikatif dengan bermain dan bernyanyi bagi sswa SD Negeri 15 Peusangan Kabupaten Bireuen bertujuan untuk meningkatkan minat dan hasil belajar siswa pada mata pelajaran Bahasa Inggris dan menghilangkan persepsi bahwa Bahasa Inggris itu tidaklah sulit. Kegiatan pengabdian kepada masyarakat melalui pelatihan Bahasa Inggris komunikatif dengan bermain dan bernyanyi bagi siswa SD Negeri 15 Peusangan Kabupaten Bireuen dilaksanakan sejak proposal diterima s.d proses evaluasi kegiatan yaitu 2-3 bulan dan akan menjadi program yang berkesinambungan, terhitung mulai November 2018 s.d Januari 2019. Adapun lokasi kegiatan pengabdian ini adalah di SD Negeri 15 Peusangan Kabupaten Bireuen. Metode yang digunakan dalam kegiatan PKM  ini adalah  pelatihan dan simulasi, melibatkan siswa yang berperan aktif dalam proses pembelajaran. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan pengabdian kepada masyarakat berupa pelatihan Bahasa Inggris komunikatif dengan bermain dan bernyanyi bagi siswa SD Negeri 15 Peusangan Kabupaten Bireuen, dapat disimpulkan bahwa: 1) kegiatan ini merupakan program pengabdian yang dibutuhkan masyarakat sebagai upaya pemecahan permasalahan pembelajaran Bahasa Inggris yang selama ini dianggap membosankan; 2) kegiatan ini memiliki daya tarik tersendiri bagi peserta  pelatihan, dikarenakan adanya penggunaan metode yang tepat dalam pengembangan pembelajaran; dan 3) hasil kegiatan pelatihan ini menunjukkan adanya peningkatan kemampuan berbahasa Inggris bagi peserta pelatihan sehingga perlu dukungan  dari semua pihak.

Kata Kunci: pelatihan, Bahasa Inggris komunikatif, bermain dan bernyanyi


Kata Kunci


pelatihan, Bahasa Inggris komunikatif, bermain dan bernyanyi

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Brown, HD. 2007. Teaching by Principles: an Interactive Approach to Language Pedagogy. New York: Addison Wesley Longman, Inc.

Depdiknas. 2001. Manajemen Peningkatan Mutu Berbasis Sekolah, Buku 3 Panduan Monitoring dan Evaluasi. Jakarta: Dirjen Dikdasmen.

Hadfield, Jill. 1999. Beginners Communication Games. Addison Wesley Longman Ltd. Harlow. England: Sinar Grafika.

Wicaksono, Andri., Muhammad, Syaefudin., et.all. 2016. Teori Pembelajaran Bahasa. Yogyakarta: Garudhawaca.

Yusuf, Syamsu, L.N. 2004. Psikologi Perkembangan Anak dan Remaja. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.