PELATIHAN DASAR KOMPUTER UNTUK MENDUKUNG KEGIATAN PROSES BELAJAR MENGAJAR (PBM) MAHASISWA BARU STIKES BUMI PERSADA LHOKSEUMAWE

Teuku Afriliansyah, Huthaimah Huthaimah, Mona Rizka, Faris Fadhul HD

Sari


ABSTRAK

Kegiatan PKM berupa pelatihan dasar komputer untuk mendukung kegiatan PBM mahasiswa baru STIKes Bumi Persada Lhokseumawe bertujuan sebagai bentuk pembelajaran kepada mahasiswa tentang pelatihan dasar komputer dalam mendukung PBM pada mahasiswa baru. Kegiatan PKM ini dilaksanakan di STIKes Bumi Persada Lhokseumawe pada tanggal 19 s.d 24 Agustus 2019. Tahapan pelaksanaan kegiatan PKM ini diawali dengan pengenalan dasar program komputer (software) microsoft office 2010 yang sudah diinstal dan akan digunakan pada perangkat komputer maupun Laptop. Adapun langkah-langkah yang diajarkan, yaitu: pengenalan dasar microsoft office, menggunakan microsoft word, menggunakan rumus pada microsoft excel, dan menggunakan microsoft power point. Lalu, pelatihan ini dilanjutkan dengan pengenalan penggunaan internet yang baik untuk mahasiswa. Selanjutnya, mahasiswa diajarkan membuat email, memanfaatkan media whatsapp group sebagai media jual beli online maupun kegiatan yang bermanfaat lainnya. Berdasarkan hasil pelaksanaan kegiatan PKM berupa berupa pelatihan dasar komputer untuk mendukung kegiatan PBM mahasiswa baru STIKes Bumi Persada Lhokseumawe, disimpulkan bahwa pelatihan ini telah membentuk sebuah karakter yang mendorong mahasiswa sadar terhadap penggunaan komputer. Hal ini didasari oleh informasi dari staf STIKes Bumi Persada, bahwa STIKes Bumi Persada memiliki Laboratorium Komputer yang dapat diakses mahasiswa, sehingga adanya pelatihan ini mendorong mahasiswa untuk aktif memanfaatkan sarana dan prasarana yang disediakan.

Kata Kunci: Pelatihan dasar komputer, pendukung kegiatan PBM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Surjono, Herman Dwi., Abdul, Gafur. 2010. Potensi Pemanfaatan ICT untuk Peningkatan Mutu Pembelajaran SMA di Kota Yogyakarta. Yogyakarta: Jurnal Cakrawala Pendidikan (2):161–75.

Widodo, Suparno Eko. 2015. Manajemen Pengembangan Sumber Daya Manusia. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.