PENDAMPINGAN PENDIDIKAN POLITIK UNTUK GENERASI MUDA DI KOTA JAMBI

Dori Efendi, Nopyandri Nopyandri

Sari


ABSTRAK

Pendampingan Pendidikan Politik untuk Generasi Muda di Kota Jambi bertujuan untuk memberi pendidikan politik melalui sosialisasi terhadap generasi muda, dengan memberikan materi tentang pentingnya keterlibatan generasi muda dalam politik karena jumlah pemilih dari generasi muda mencapai 40% dari Daftar Pemilih Tetap yaitu 197 Juta pemilih. Selama pendampingan berbagai materi tentang pendidikan politik akan diberikan dengan tujuan akhir membentuk komunitas yang peduli terhadap demokrasi dan menepis sikap apolitis generasi muda terhadap politik. Maka, tujuan dari pendampingan pendidikan politik adalah merubah persepsi pemilih terhadap politik, meningkatkan partisipasi pemilih, terlibat aktif menjadi mitra kritis perangkat pemilu dan terbentuknya generasi muda yang sadar politik. Kegiatan PKM ini dilaksanakan sejak bulan Februari s.d Juli 2019. Adapun metode penyampaian materi sosialisasi, yaitu simulasi, diskusi kelompok, ceramah, alat bantu (visual dan non visual) dan posting materi sosialisasi ke media sosial. Dari hasil kegiatan PKM tentang pendampingan pendidikan politik untuk generasi muda di Kota Jambi disimpulkan bahwa pendidikan politik memberikan pemahaman serta pengetahuan tentang politik bagi generasi muda khususnya generasi muda Kota Jambi. Selain itu, pendidikan politik dapat menghindari generasi muda dari politik kotor yang bersifat negatif, seperti money politic dan memotivasi generasi muda untuk sadar serta aktif berpartisipasi dalam kehidupan pembangunan bangsa dan negara.

Kata Kunci: pendampingan politik, generasi muda, Kota Jambi


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Berger, Peter L. 1976. Pyramids of Sacrifice: Political Ethics and Social Change. New York: Anchor Books.

Budiardjo, Miriam., ed. 1982. Partisipasi dan Partai Politik. Jakarta: Gramedia.

Fatah, Eep Saefullah. 1994. Masalah dan Prospek Demokrasi di Indonesia. Jakarta: Ghalia Indonesia.

Habermas, J. 2007. Ruang Publik Sebuah Kajian tentang Kategori Masyarakat Borjuis. Penerjemah Yudi Santoso. Yogyakarta: Kreasi Wacana.

Huntington, S. P., Nelson, J.N. 1994. Partisipasi Politik di Negara Berkembang. Penerjemah Sahat Simamora. Jakarta: Rineka Cipta.

KPU RI. 2016. Partisipasi Pemilih pada Pemilu 2014. KPU: Jakarta.

Mas’oed, M. 2003. Politik, Birokrasi dan Pembangunan. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Ricklefs, M.C. 2008. a History of Modern Indonesia Since, 1200¬-2008. Edisi ke-5. Basingtoke: Palgrave.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.