PENINGKATAN PARTISIPASI MASYARAKAT DALAM PENGEMBANGAN EKONOMI KREATIF MELALUI BUMDES DI DESA TANJUNG LANJUT SEKERNAN MUARO JAMBI

Sutri Destemi Elsi, Faizah Bafadhal

Sari


ABSTRAK

Pemerintah memberikan dukungan besar agar desa memiliki badan usaha yang mampu mengembangkan dan menggerakkan perekonomian lokal dalam rangka mengakomodasi potensi desa dan pemenuhan kebutuhan warga desa. Badan Usaha Milik Desa (BUMDes) menjadi wadah bagi pemerintah desa dan warganya yang secara proporsional melaksanakan program peningkatan perekonomian di tingkat desa. Keberadaan BUMDes diharapkan mampu menstimulasi dan menggerakakan roda perekonomian desa. Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah untuk meningkatkan partisipasi masyarakat dalam pengembangan ekonomi kreatif melalui BUMDes di Desa Tanjung Lanjut Sekernan Muaro Jambi. Metode pelaksanaan kegiatan PKM ini dilakukan melalui ceramah dan diskusi yang melibatkan perangkat desa serta beberapa tokoh masyarakat, yang dilaksanakan pada bulan Maret s.d Agustus 2019 di Desa Tanjung Lanjut Kecamatan Sekernan Kabupaten Muaro Jambi. Dari hasil PKM ini disimpulkan bahwa BUMDes harus dikelola dengan baik dan dimanfaatkan secara maksimal oleh masyarakat, karena melalui BUMDes pemanfaatan SDA dan SDM di desa dapat dilakukan berdasarkan karakteristik dan kebutuhan masyarakat. Hal ini dikarenakan sudah menjadi kewajiban bagi pemerintah desa untuk mengembangkan BUMDes dan menuntut konsistensi perencanaan dan pelaksanaan dalam pengelolaan BUMDes. Namun, faktor penting lain yang menjadi penentu keberhasilan pengembangan BUMDes adalah partisipasi masyarakat, karena dampak yang diharapkan adalah perbaikan perekonomian masyarakat. Maka, masyarakat harus memaksimalkan pemanfaatan dan ikut dalam pengelolaan BUMDes.

Kata Kunci: partisipasi masyarakat, pengembangan, ekonomi kreatif, BUMDes

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Adisasmita, R. 2006. Membangun Desa Partisipatif. Yogyakarta: Graha Ilmu.

Irawan. 2014. Indeks Kemandirian Desa: Metode, Hasil, dan Alokasi Pembangunan. Editor: Ivanovich Agusta dan Fujiartanto. Jakarta: Yayasan Pustaka Obor Indonesia.

Kaho, J.R. 2002. Prospek Otonomi Daerah di Negara Kesatuan RI. Jakarta: Rajawali press.

Kartasamit, Ginanjar. 1996. Pembangunan untuk Rakyat. Jakarta: Pustaka.

Machmur, B. 2003. Faktor Penentu Partisipasi Pembangunan Perdesaan. Bogor: IPB.

Moebyarto. 1985. Strategi Pembangunan Perdesaan, P3PK. Yogyakarta: UGM.

Slamet, M. 2003. Pembangunan Masyarakat Berwawasan Partisipasi. Surakarta: Sebelas Maret University Press.

Slamet, Y. 1999. Konsep Dasar Partisipasi Sosial. Yogyakarta: PAU-SS, UGM.

Soetomo. 2008. Strategi Pembangunan Masyarakat. Yogyakarta: Pustaka Pelajar.

Sugiyono. 2006. Metode Penelitian Administrasi. Bandung. Alfabeta.

Sumodiningrat, G. 2007. Pemberdayaan Sosial: Kajian Ringkas tentang Pembangunan Manusia Indonesia. Jakarta: Kompas.

Sunarti. 2003. Partisipasi Masyarakat dalam Pembangunan Perumahan secara Kelompok. Semarang: Jurnal Tata Loka, Planologi UNDIP.

Tjondronegoro. 1990. Faktor Penentu Partisipasi Pembangunan Perdesaan. Bogor: IPB.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.