PENDIDIKAN POLITIK PEMILIH PEMULA DENGAN PEMBENTUKAN KOMUNITAS REMAJA CERDAS BERMEDIA DALAM MENGHADAPI POLITIK ELEKTORAL 2019 DI KOTA JAMBI

Cholillah Suci Pertiwi, Ratna Dewi

Sari


ABSTRAK

Tujuan pelaksanaan kegiatan PKM ini adalah memberikan pendidikan politik kepada pemilih pemula untuk cerdas bermedia dalam menghadapi politik elektoral 2019. Hal ini dikarenakan remaja sebagai pengguna media terbesar sangat rentan diserang hoax. Maka, dibutuhkan tindakan dari pemerintah maupun masyarakat dalam cerdas bermedia. PKM ini dilakukan dengan turun ke jalan, ke beberapa SMA guna melakukan penyuluhan, sosialisasi dan berdiskusi dalam kesiapan menghadapi politik elektoral tersebut. Penyuluhan dan sosialiasi dilakukan dengan membawa papan/spanduk bertuliskan beberapa kata interaktif untuk sadar akan politik serta penolakan terhadap berita hoax dan lainnya. PPM ini diharapkan dapat memberikan pemahaman dan kesadaran politik khususnya bagi pemilih pemula dan berdampak baik bagi masyarakat Kota Jambi umumnya. Kegiatan PKM dilaksanakan di SMAN 1 Kota Jambi, SMAN 5 Kota Jambi, SMAN 7 Kota Jambi, dengan jumlah subyek 200 siswa dan beberapa titik jalanan Kota, yaitu Perempatan Lampu Merah Kantor Gubernur Provinsi Jambi, Telanai Pura serta Tugu Juang Sipin. Kegiatan PKM dilaksanakan dengan metode, yaitu: 1) lokakarya, 2) ceramah interaktif, 3) diskusi, 4) studi lapangan. Dari hasil PPM diajukanlah policy brief kepada pemerintah Kota Jambi sebagai solusi permasalahan yang terjadi melalui Pembentukan Komunitas Remaja Cerdas Bermedia yang mengedukasi remaja dan masyarakat.

Kata Kunci: pendidikan politik, pemilih pemula, komunitas cerdas bermedia

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Antara, Agregasi. 2018. Wow! Jumlah Remaja Indonesia 66,3 Juta Jiwa Kekuatan/Kelemahan?

https://lifestyle.okezone.com/read/2017/10/25/196/1802143/wow-jumlah-remaja-indonesia-66-3-juta-jiwa-kekuatan-atau-kelemahan. dikases tanggal 25 Oktober 2018.

Astrini, Atik. 2017. Hoax dan Banalitas Kejahatan. Surakarta: Jurnal Transformasi, Vol. II No. 32 hal. 76-167.

Astuti, Yanti Dwi. 2017. Peperangan Generasi Digital Natives Melawan Digital Hoax melalui Kompetisi Kreatif. Yogyakarta: Jurnal Informasi Kajian Ilmu Komunikasi, Vol. 47 No. 2.

Cangara, Hafied. 2006. Pengantar Ilmu Komunikasi, 2nd ed. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Setiawan, D., Sakina, Rakhma. 2017. Tahun 2017 Pengguna Internet di Indonesia Mencapai 143,26 Juta Orang.

https://ekonomi.kompas.com/read/2018/02/19/161115126/tahun-2017-pengguna-internet-di-indonesia-mencapai-14326-juta-orang. diakses tanggal 19 Februari 2019.

Hidayat, Wicak. 2018. Pengguna Internet Indonesia Nomor Enam Dunia.

https://kominfo.go.id/content/detail/4286/pengguna-internet-indonesia-nomor-enam-dunia/0/sorotan media. diakses tanggal 24 November 2018.

Juliswara, Vibriza. 2017. Mengembangkan Model Literasi Media yang Berkebhinnekaan dalam Menganalisis Informasi Berita Palsu (Hoax) di Media Sosial. Yogyakarta: Jurnal Pemikiran Sosiologi, Vol. 4 No. 2.

Yuliani, Ayu. 2018. Ada 800.000 Situs Penyebar Hoax di Indonesia.

https://kominfo.go.id/content/detail/12008/ada-800000-situs-penyebar-hoax-di-indonesia/0/sorotan_media. diakses tanggal 13 Desember 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.