PENDAMPINGAN OPTIMALISASI PENGELOLAAN BADAN USAHA MILIK DESA PENYENGAT OLAK KECAMATAN JAMBI LUAR KOTA KABUPATEN MUARO JAMBI

Citra Darminto, Haryadi Haryadi

Sari


ABSTRAK

Pendampingan optimalisasi pengelolaan BUMDes bertujuan untuk memberi masukan atas kendala yang dihadapi pemerintah desa dalam pengelolaan BUMDes yang belum optimal. Kegiatan PKM melalui pendampingan dan pelatihan pengelolaan BUMDes Penyengat Olak Kecamatan Jambi Luar Kota Kabupaten Muaro Jambi, terdiri atas 3 tahapan, yaitu: 1) melakukan observasi awal untuk mengidentifikasi masalah yang ada; 2) kegiatan PKM dimulai pada bulan Maret s.d Juni, dengan kegiatan berupa sosialisasi dan pelatihan. Pelatihannya dilakukan tanggal 20 Juni 2019; dan 3) kegiatan evaluasi PKM untuk mengetahui hasil dari kegiatan pengabdian. Kegitan PKM melalui transfer pengetahuan, pelatihan dan pendampingan berdampak pada meningkatnya pengetahuan dan kemampuan pengelolaan BUMDes yang dikembangkan sebagai aset. Pengelolaan BUMDes mengarah pada penggunaan konsep berkelanjutan yang memperhatikan aspek sosial ekonomi dan lingkungan. Dari aspek ekonomi, berdampak pada terbentuknya potensi sumber pendapatan baru bagi masyarakat sekitar, yaitu adanya usaha baru seperti UMKM dan tempat wisata yang dijadikan sumber perekonomian masyarakat dan berkontribusi bagi BUMDes. Maka, pengelolaan BUMDes merupakan salah satu cara mengatasi persoalan ekonomi masyarakat akibat situasi global. Sehingga, kegiatan pendampingan masyarakat selain tranfer pengetahuan, pelatihan dan pendampingan lebih lanjut dalam membangun jejaring dengan berbagai stakeholder penting untuk dilakukan.

Kata Kunci: pendampingan, optimalisasi, BUMDes 

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Akbar, Yanuar. 2012. Metode Penelitian Sosial Kualitatif. Bandung: Refika Aditama.

Amir, M. Taufiq. 2011. Manajemen Strategik Konsep dan Aplikasi. Jakarta: Raja Grafindo Persada.

Indonesia, R. Undang-Undang Republik Indonesia No. 6 Tahun 2014 tentang Desa (2014). Indonesia. https://doi.org/10.1017/CBO9781107415324.004.

Kencana, Novia. 2013. Konsep, Prinsip, Model dan Tujuan Manajemen Strategis Sektor Publik. Palembang: Universitas Indo Global Mandiri.

Permendesa No. 4 Tahun 2015 tentang Pendirian, Pengelolaan dan Pembubaran Badan Usaha Milik Desa. Berita Negara Republik Indonesia Tahun 2015 No. 296.

Sesung, Rusdianto. 2013. Hukum Otonomi Daerah. Bandung: Refika Aditama.

Sulistiyani, A. T., Wulandari, Y. 2017. Proses Pemberdayaan Masyarakat Desa Sitimulyo Kecamatan Piyungan Kabupaten Bantul dalam Pembentukan Kelompok Pengelola Sampah Mandiri. Indonesia Journal If Community Engagement, 2(2), 146-162.

Suyanto, Bagong., dkk. 2008. Metode Penelitian Sosial. Jakarta: Prenada Media Grup.

Taufiqurohkhman. 2016. Manajemen Strategik. Jakarta: FISIP Universitas Prof. Dr. Moestopo Beragama.

Wawancara bersama tokoh adat, tanggal 12 Februari 2019 di kediaman pak Mahbub.

Wawancara dengan bapak Tego selaku warga masyarakat, tanggal 29 Mei 2019.

Widayanti, S. 2012. Pemberdayaan Masyarakat: Pendekatan Teoritis. Welfare, Jurnal Ilmu Kesejahteraan Sosial, 1(1), 87-102.

Zakaria, F., Suprihardjo, R. D. 2014. Konsep Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Bandungan Kec. Pakong Kab. Pamekasan. Jurnal Teknik Pomits, 3(2), 245-249.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.