SOSIALISASI PENYEDIAAN PANGAN SEHAT PADA KEGIATAN POSBINDU PTM DI DESA BLANG REULING KECAMATAN KOTA JUANG KABUPATEN BIREUEN

Nuraida Nuraida, Mandasari Mandasari, Baihaqi Baihaqi, Syahirman Hakim, Ajmir Akmal

Sari


ABSTRAK

Kegiatan pengabdian kepada masyarakat dalam bentuk sosialisasi pangan sehat pada kegiatan pos pelayanan terpadu penyakit tidak menular (Posbindu PTM) di Desa Blang Reuling Kecamatan Kota Juang Kabupaten Bireuen bertujuan untuk mendeteksi faktor risiko PTM sedini mungkin, terselenggaranya kegiatan pemantauan faktor risiko PTM oleh masyarakat sebaik mungkin dan menambah pengetahuan masyarakat tentang pentingnya mengkonsumsi makanan sehat. Kegiatan pengabdian ini berlangsung selama 2 hari, yang dimulai tanggal 11 s.d 12 Juni 2019. Adapun metode dalam pelaksanaan kegiatan PKM adalah dengan wawancara dan diskusi tentang riwayat penyakit tidak menular pada diri peserta dan keluarga serta pentingnya menjaga pola makan untuk menjaga kesehatan dan mencegah penyakit tidak menular. Sedangkan, alat yang digunakan adalah meteran untuk mengukur tinggi badan dan lingkar perut, tensimeter untuk mengukur tekanan darah, tanita body composition monitor untuk mengukur lemak tubuh, alat tulis, kamera, tas alat dan baterai. Lalu, bahan yang digunakan adalah strip pengecekan gula darah, asam urat dan kolesterol. Dari hasil pelaksanaan kegiatan PKM, disimpulkan bahwa Posbindu PTM merupakan suatu kegiatan yang sangat bermanfaat untuk masyarakat dalam mendeteksi dini PTM, serta meningkatkan pola hidup sehat dan pola makan dengan gizi seimbang untuk mengurangi dampak risiko PTM.

Kata Kunci: sosialisasi, pangan sehat, posbindu, PTM

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Ahmadi, A. 2009. Psikologi Sosial. Jakarta: Rineka Cipta.

Apriadji. 2007. Pengetahuan Perilaku. Jakarta: Penebar Swadaya.

Badan Pengendalian Penyakit tidak Menular. 2012. Pedoman Pnyelenggaraan Posbindu PTM. Jakarta: Pustaka Indonesia.

Bustan, M. N. 2007. Epidemiologi Penyakit tidak Menular. Jakarta: Rineka Cipta.

Fuadah, D. Z., Rahayu, N. F. 2018. Pemanfaatan Pos Pembinaan Terpadu Penyakit tidak Menular pada Penderita Hipertensi. Stikes Patria Husada Blitar: Jurnal Ners dan Kebidanan, Volume 5, No. 1, April 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.