SOSISALISASI PELESTARIAN BUDAYA DAERAH UNTUK GENERASI MUDA DI SMAN 5 KOTA JAMBI

Ahmad Baidawi, Ratna Dewi

Sari


ABSTRAK

Kurangnya pemahaman generasi muda terhadap budaya daerah menjadi alasan dilaksanakannya kegiatan PKM ini, yang bekerjasama dengan Lembaga Adat Melayu (LAM) Jambi untuk memberikan pengetahuan tentang pelestarian kearifan lokal (budaya daerah) bagi genarasi muda. Lembaga Adat Melayu Jambi merupakan organisasi yang bergerak dibidang sosial budaya di Provinsi Jambi, yang didirikan oleh tokoh kebudayaan Jambi untuk pengembangan dan pelestarian kebudayaan melayu di Provinsi Jambi. SMAN 5 Kota Jambi merupakan salah satu sekolah yang mewakili generasi muda, sehingga kegiatan ini dilaksanakan di SMAN 5 Kota Jambi, pada tanggal 14 Agustus 2019 berupa kegiatan Sosialisasi Pelestarian Budaya Daerah untuk Generasi Muda. Metode pengabdian adalah sosialisasi, pelatihan dan simulasi. Penyampaian materi sosialisasi dan pelatihan dilaksanakan dengan beberapa metode yang relevan, yaitu: metode ceramah, tanya jawab dan diskusi. Adapun hasil pengamatan terlihat masih banyak siswa SMAN 5 yang kurang mengenal budaya daerah dan kurang memahami cara melestarikan budaya daerah. Setelah dilakukan sosialisasi terlihat bahwa siswa SMAN 5 Kota Jambi sangat antusisas dengan materi yang disampaikan tentang pelestarian budaya daerah sehingga diharapkan pemahaman dan kesadaran siswa SMAN 5 Kota Jambi tentang budaya daerah meningkat.

Kata Kunci: sosialisasi, pelestarian budaya daerah, generasi muda, LAM


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Arikunto, S. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.

Giddens, Anthony. 2001. Runaway World: Bagaimana Globalisasi Merombak Kehidupan Kita. Jakarta: Gramedia.

Keraf, A. S. 2002. Etika Lingkungan. Jakarta: Buku Kompas.

Lembaga Adat Provinsi Jambi. 2001. Sejarah Adat Jambi; Pokok-pokok Adat Pucuk Jambi Sembilan Lurah. Jambi: Lembaga Adat Provinsi Jambi.

Maleong, J. Lexy. 2004. Metodologi Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Supian, Selfi Mahat Putri; Fatonah. 2017. Peranan Lembaga Adat dalam Melestarikan Budaya Melayu JAMBI, Titian: Jurnal Ilmu Humaniora, 1(2), 191-203. Retrieved from https://online-journal.unja.ac.id/titian/article/view/4227.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.