AKSI KEMANUSIAAN PRODI HUBUNGAN INTERNASIONAL UMUSLIM DALAM RANGKA MEMPERINGATI HARI DISABILITAS DAN VOLUNTEER INTERNASIONAL

Risky Novialdi, Shaummil Hadi, Fauzi Fauzi, Al- Azhar

Sari


ABSTRAK

Perserikatan Bangsa-Bangsa (PBB) telah berupaya untuk meningkatkan kesejahteraan para penyandang disabilitas dan kesadaran akan kesulitan yang mereka hadapi. Seiring dengan upaya tersebut, PBB  menetapkan tanggal 3 Desember 1992 diperingati sebagai hari disabilitas internasional. Meskipun demikian, fakta menunjukkan bahwa masih banyak diskriminasi dan disparitas perlakuan terhadap para penyandang disabilitas. Kegiatan aksi kemanusiaan ke SDLB merupakan salah satu inisiasi yang dilakukan sebagai bentuk kepedulian terhadap kondisi disabilitas tersebut. Kegiatan yang merupakan pengabdian masyarakat ini dilakukan di SDLB Meunasah Blang Kabupaten Bireuen pada tanggal 15 Desember 2018. Adapun metode pendekatan yang diterapkan dalam kegiatan PKM ini adalah pendidikan masyarakat berbentuk pendidikan non formal dalam rangka pendidikan berkesinambungan (contuining education), yaitu mentransfer ilmu dan pemberian motivasi. Dari kegiatan PKM tersebut, telah memberikan kesadaran kepada masyarakat agar lebih peduli kepada penyandang disabilitas. Selain itu, kegiatan ini telah dirancang bertepatan dengan hari volunteer internasional, sehingga semangat kemanusiaan kepada para disabilitas sangat terasa dengan keterlibatan para relawan dari berbagai latar belakang. Oleh karena itu, penyandang disabilitas pun lebih termotivasi untuk menata kehidupan berkat sinergi dari berbagai pihak dan dukungan moril dari keluarga.

Kata Kunci: aksi kemanusiaan, memperingati, disabilitas, volunteer

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Irwanto, dkk. 2010. Analisis Situasi Penyandang Disabilitas di Indonesia: Sebuah Desk-Review, Pusat Kajian Disabilitas. Jakarta: Universitas Indonesia.

__________. 2010. Penyandang Disabilitas di Indonesia: Fakta Empiris dan Implikasi untuk Kebijakan Perlindungan Sosial. Jakarta: USAID dan Badan Penanggulangan Bencana.

https://www.cnnindonesia.com/gaya-hidup/20181203140813-255-350695/hari-disabilitas-internasional-gaungkan-kesetaraan. diakses pada 13 Februari 2019.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.