KULIAH UMUM: ALTERNATIF PENGELOLAAN SUMBERDAYA HUTAN MELALUI PERHUTANAN SOSIAL

OK Hasnanda Syahputra

Sari


ABSTRAK

Perhutanan sosial bersama-sama dengan Reforma Agraria merupakan salah satu agenda politik pembangunan nasional yang sangat penting dalam Pemerintahan Kabinet Kerja 2015-2019. Adapun sasaran utama agenda perhutanan sosial adalah untuk mengatasi permasalahan konflik tenurial dengan segala aspek dan dinamikanya di lapangan. Selain itu, mengurangi kemiskinan dan meningkatkan kesejahteraan masyarakat yang tinggal di dalam dan di sekitar kawasan hutan melalui pengembangan model ekonomi berkeadilan dan menciptakan dan mempercepat pemerataan akses dan distribusi aset sumberdaya hutan. Kuliah Umum ini merupakan bentuk pengabdian masyarakat yang dilaksanakan di Sekolah Tinggi Ilmu Kehutanan Teungku Chik Pante Kulu Banda Aceh, pada tanggal 5 Januari 2019. Hasil dari kuliah umum ini diharapkan para mahasiswa maupun para dosen dapat menambah wawasan, pemahaman, pengetahuan dan informasi kekinian tentang perhutanan sosial, terutama yang telah berjalan di Provinsi Aceh.

Kata Kunci: kuliah umum, pengelolaan, sumberdaya hutan, perhutanan sosial


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Effendi, R. 2010. Rantai Pasar Produk Sosial Forestry (Anwar, S.; Hakim, I. (ed)): “Social Forestry Menuju Restorasi Pembangunan Kehutanan Berkelanjutan”. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Hakim, I. 2010. Orientasi Makro Kebijakan Social Forestry di Indonesia (Anwar, S.; Hakim, I. (ed)): “Social Forestry Menuju Restorasi Pembangunan Kehutanan Berkelanjutan”. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan.Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Irawanti, S. 2010. Aspek Ekonomi dan Kelembagaan dalam Social Forestry (Anwar, S.; Hakim, I. (ed)): “Social Forestry Menuju Restorasi Pembangunan Kehutanan Berkelanjutan”. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Murniati; Sumarhani. 2010. Pengembangan Model Social Forestry (Anwar, S.; Hakim, I. (ed)): “Social Forestry Menuju Restorasi Pembangunan Kehutanan Berkelanjutan”. Bogor: Pusat Penelitian dan Pengembangan Perubahan Iklim dan Kebijakan. Badan Penelitian dan Pengembangan Kehutanan.

Peluso, N. 1988. Rich Forest, Poor People and Development: Forest Access Control and Resistance in Java. United State: thesis at Faculty of Graduate School of Cornel University.

Soegiri, EW. 2017. Kehadiran Negara dalam Penanganan Konflik Tenurial di Kawasan Hutan. Kementerian Lingkungan Hidup dan Kehutanan Republik Indonesia.

Zakaria, RY. 2018. Pelembagaan Perhutanan Sosial sebagai Alternatif Pengelolaan Sumberdaya Hutan di Indonesia Masa Depan. Bahan Rapat Dengar Pendapat Umum (RDP) yang diselenggarakan oleh DPR Republik Indonesia, Jakarta 2 Juli 2018.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.