PELATIHAN PENGEMASAN PRODUK DAN PEMASARAN PRODUK MELALUI ONLINE

Zara Yunizar, Fatimah Zuhra, Ernawita .

Sari


ABSTRAK

Pliek u (patarana) merupakan jenis makanan tradisional yang banyak dihasilkan di Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen, dengan pemasaran mencapai daerah Banda Aceh, Lhokseumawe, Lhoksukon dan Takengon. Salah satu kendala yang dialami dalam proses pemasaran adalah belum adanya kemasan yang dapat membuat pliek u menjadi lebih tahan lama, sehingga membuat masa simpan pliek u menjadi singkat dan dan munculnya ketengikan. Kendala lain yang muncul adalah harga pliek u di tingkat pengusaha masih relatif rendah dibandingkan dengan harga yang dibeli oleh konsumen, serta masih sederhananya usaha pliek u yang dijalankan dan belum menerapkan manajemen usaha yang baik. Salah satu solusi untuk mengatasi masalah tersebut adalah dengan memberikan pelatihan pengemasan produk dan pemasaran produk secara online kepada para pengusaha pliek u. Pelatihan ini dilaksanakan sebagai kegiatan pengabdian kepada masyarakat di Gampong Paya Bieng Kecamatan Jangka Kabupaten Bireuen pada tanggal 12 s.d 13 Juli 2018 kepada ibu-ibu rumah tangga pengusaha pliek u yang berjumlah 25 orang. Hasil pelatihan diharapkan para ibu rumah tangga memiliki kemampuan dalam pengemasan produk yang menarik dan tahan lama serta pemasaran produk secara online.

Kata Kunci: pliek, pengemasan produk, pemasaran online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Jalma, M. D.; Zachreini, I. 2016. Efektivitas Hambatan Senyawa Ekstrak Kasar Pliek U (Patarana) terhadap Pertumbuhan Salmonella typhi in vitro. Cermin Dunia Kedokteran, 43(6), 407-410.

Mareta, D. T.; Nur, S. 2011. Pengemasan Produk Sayuran dengan Bahan Kemas Plastik Pada Penyimpanan Suhu Ruang dan Suhu Dingin. Mediagro, 7 No. 1(1), 26-40. Retrieved from http://publikasiilmiah.unwahas.ac.id/index.php/Mediagro/article/view/530.

Nurliana. 2009. Prospek Makanan Tradisional Aceh sebagai Makanan Kesehatan: Eksplorasi Senyawa Antimikroba dari Minyak Pliek U dan Pliek U. Institut Pertanian Bogor.

Nurliana, S. M.; Sudirman, L. I.; Sanjaya, A. W. 2008. Pengujian Awal Aktivitas Antibakteri dari Minyak Pliek U dan Pliek U: Makanan Tradisional Aceh. J Kedokteran Hewan, 2, 150-156.


Refbacks

  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.