PENYULUHAN DAMPAK PENGGUNAAN INTERNET, SOSIAL MEDIA DAN GAME ONLINE TERHADAP ANAK USIA DINI DI DESA HAGU TEUNGAH KECAMATAN BANDA SAKTI KOTA LHOKSEUMAWE

Teuku Afriliansyah, Syahrul Yusuf, Susanti ., Mayzuhra .

Sari


ABSTRAK

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema Penyuluhan Dampak Penggunaan Internet, Sosial Media dan Game Online terhadap Anak Usia Dini di Desa Hagu Teungah Kecamatan Banda Sakti Kota Lhokseumawe, merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Program Studi Pendidikan Informatika STKIP Bumi Persada Lhokseumawe pada tanggal 01 s.d 30 Agustus 2018, dengan tujuan mengajarkan kepada masyarakat tentang bahaya dampak penggunaan internet, media sosial dan game online bagi anak usia dini. Metode pelaksanaan kegiatan penyuluhan ini diawali dengan pengenalan fitur-fitur yang ada pada perangkat handphone pintar (smartphone). Lalu, dilanjutkan dengan pengenalan penggunaan smartphone yang baik untuk orang tua. Hasil kegiatan penyuluhan ini diperoleh bahwa ketika anak menggunakan smartphone maka 1/3 otak anak akan lemah karena pancaran sinar lampu pada smartphone, sehingga anak menjadi sering lelah yang mengakibatkan resiko anak diharuskan menggunakan kaca mata karena keseringan menggunakan smartphone. Tidak hanya itu, kecanduan menggunakan smartphone baik menggunakan internet, media sosial dan game online semakin meresahkan orang tua, salah satu dampak negatif yaitu anak sudah mengetahui perilaku yang ditampilkan pada film pornografi. Kegiatan PKM ini juga membentuk karakter yang menjadikan anak dan orang tua sadar terhadap dampak positif maupun negatif penggunaan smartphone sehingga orang tua lebih bijak terhadap penggunaan smartphone untuk anak.

Kata Kunci: Smartphone, Internet, Sosial Media, Game Online


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Cancan, FW. 2017. Pengaruh Penggunaan Smartphon terhadap Kesehatan dan Perilaku Remaja, https://ejurnal.latansamashiro.ac.id/index.php/OBS/article/.../171.

Puji, AC. 2017. Pengaruh Media Gadget pada Perkembangan Karakter Anak. https://ejournal.iain-tulungagung.ac.id/index.php/dinamika/article/.../586.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.