PELATIHAN KADER DAN BIMBINGAN KONSELING SERTA CARA PEMERIKSAAN PASIEN PROLANIS DI POSBINDU WILAYAH KERJA PUSKESMAS COT IJUE KECAMATAN PEUSANGAN BIREUEN

Nurhidayati .

Sari


ABSTRAK

Kader kesehatan wilayah kerja Puskesmas Cot Ijue belum mendapatkan pelatihan untuk penanganan kasus ini dan belum memiliki  kit (alat) untuk pelayanan kegiatan tersebut seperti untuk pemeriksaan tekanan darah, pemeriksaan kadar gula darah, asam urat, kolesterol dan penyakit kronis lainnya. Untuk pencapaian program tersebut, pemerintah mencanangkan kegiatan Posbindu (Pos Pembinaan Terpadu) di setiap desa. Untuk pelaksanaan  kegiatan tersebut, Puskesmas Cot Ijue berupaya melaksanakan kegiatan pelatihan kader tentang bagaimana memberi pelayanan kepada masyarakat manula tentang prolanis, pemeriksaan kesehatan rutin agar mendapat penanganan secara dini dan penulis memberikan kit (alat) untuk pemeriksaan kasus penyakit prolanis. Metode pelatihan bervariasi, yaitu: ceramah, tanya jawab, dan role play. Kegiatan ini dilaksanakan 2 hari yang didampingi oleh bidan desa masing-masing. Materi yang disampaikan, diantaranya Kebijakan Pengendalian Penyakit Tidak Menular (PTM), Konsep Posbindu PTM, PTM dan Faktor Risikonya, Pencatatan dan Pelaporan. Adapun hasil pengabdian masyarakat ini, yaitu setelah penyampaian materi, peserta langsung mempraktekkannya di posbindu dengan bidan desa masing-masing. Keberhasilan target jumlah peserta pelatihan dikategorikan sangat baik (100%), tujuan pelatihan berhasil dengan baik (80%), target materi berhasil dengan baik (80%), kemampuan peserta dalam penguasaan materi berhasil baik (80%), dan pendistribusian kit posbindu terlaksana (100%).

Kata Kunci:   Kader, Posbindu PTM, Prolanis


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

Kemenkes, RI. 2015. Profil Kesehatan Indonesia Tahun 2014. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

___________. 2014. Petunjuk Teknis Pelayanan Pos Pembinaan Terpadu, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

___________. 2014. Penyelenggaraan Posbindu PTM, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

___________. 2014. Pedoman Umum Pos Pembinaan Terpadu, Direktorat Jenderal Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

___________. 2014. Data Bagian Pengendalian Penyakit dan Penyehatan Lingkungan, Upaya Pengendalian Faktor Risiko Penyakit tidak Menular, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Kementerian Kesehatan.

Puskesmas Cot Ijue. 2017. Data Pelayanan Kesehatan Puskesmas Cot Ijue Kecamatan Peusangan Tahun 2016. Bireuen.

Riskesdas. 2014. Penyakit tidak Menular dan Faktor Risiko, Badan Penelitian dan Pengembangan Kesehatan. Jakarta: Riset Kesehatan Dasar.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.