UPAYA PELESTARIAN KESENIAN RAPA’I DABOH DENGAN MENGGUNAKAN LITERATUR TERTULIS DAN NOTASI MUSIK DI DESA TEUREUBEH KECAMATAN KOTA JANTHO KABUPATEN ACEH BESAR

Elmi Novita, Alfi Syahrin, Yafto Pramana, Siti Rahmati, Intan Rizki Junita Tri Utami

Sari


ABSTRAK

Kegiatan Program Kreativitas Mahasiswa (PKM) dengan tema Upaya Pelestarian Kesenian Rapa’i Daboh dengan Menggunakan Literatur Tertulis dan Notasi Musik di Desa Teureubeh Kecamatan Kota Jantho Kabupaten Aceh Besar, merupakan kegiatan pengabdian masyarakat yang dilakukan oleh mahasiswa Prodi Seni Karawitan ISBI Aceh pada tanggal 28 April s.d dan 02 Agustus 2018. Rapa’i Daboh adalah kesenian tradisional Aceh yang merupakan gabungan dari petunjukan rapa’i dan daboh atau debus. Proses latihan rapa’i daboh dilakukan secara lisan, sehingga menyulitkan bagi anggota yang baru bergabung dalam mengikuti latihan. Melalui kegiatan ini diharapkan dapat memudahkan proses latihan dalam kelompok, kegiatan bermain musik dalam kelompok dapat dilakukan secara terstruktur dan terukur. Kegiatan latihan lebih difokuskan kepada anak-anak yang menjadi bagian dari kelompok Bungong Jeumpa. Metode yang dilakukan diawali dengan pengenalan bidang pukul rapa’i, lalu dituliskan dalam bentuk symbol dan dilanjutkan dengan pengenalan notasi musik, bentuk not dan jumlah ketukan. Selanjutnya, menuliskan pola-pola ritme yang sederhana, yaitu pola ritme yang dimainkan oleh grup Bungoeng Jeumpa pada saat latihan. Hal ini bertujuan agar semua anggota mengenal, mengetahui dan memahami bentuk pola yang biasa dimainkannya, sehingga bisa mengajarkan kepada anggota selanjutnya yang baru bergabung. Hasil dari kegiatan PKM ini menghasilkan sebuah kelompok musik yang oleh pengurus kelompok Bungong Jeumpa  menamainya Bungong Jeumpa Ban Timong yang berarti “Bunga Jeumpa Baru Tumbuh”.

Kata Kunci: notasi musik, literatur tertulis, Rapa’i Daboh


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


REFERENSI

MK, Asri. Penulisan Etude-etude Talempong Unggan (Sebuah Usaha Pembelajaran Musik Tradisi Berbasis Literatur. Humanus Jurnal Ilmu-Ilmu Humaniora, Vol.XIII No.2 Tahun 2014.

Rusdiyantoro. 2011. Notasi Kepatihan: Kebertahanan, Perkembangan dan Dampaknya Terhadap Kehidupan Karawitan. Tesis untuk Mencapai Derajat Sarjana S2 Program Studi Penciptaan dan Pengkajian Seni, Minat Studi Pengkajian Karawitan Nusantara, Program Pascasarjana Institut Seni Indonesia Surakarta.


Refbacks

  • »


Creative Commons License
This work is licensed under a Creative Commons Attribution 3.0 License.