EFEKTIVITAS PENYELENGGARAAN DINAS PENANAMAN MODAL DAN PELAYANAN TERPADU SATU PINTU DALAM PENINGKATAN KUALITAS PELAYANAN KEPADA MASYARAKAT DI KABUPATEN ACEH TENGAH PROVINSI ACEH

Marwansyah .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini dilatar belakangi ketertarikan penulis untuk membahas efektivitas Dinas PMPTSP dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat, dikarenakan penulis ingin mengetahui: 1) bagaimana efektivitas pelayanan terpadu satu pintu dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di Dinas PMPTSP Aceh Tengah Provinsi Aceh, 2) Apa saja yang menjadi kendala dalam penyelenggaraan Pelayanan terpadu satu pintu dalam meingkatkan kualitas pelayanan masyarakat di dinas PMPTSP Aceh Tengah Provinsi Aceh. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini adalah pendekatan kualitatif dengan metode analisis deskriptif. Data yang dibutuhkan dalam penelitian ini meliputi fakta atau informasi tentang efektivitas pelayanan terpadu satu pintu dalam peningkatan kualitas pelayanan publik di dinas PMPTSP Aceh Tengah Provinsi Aceh, mulai dari produktivitas, efisiensi, adaptasi, kepuasan, dan perkembangan. Narasumber sebagai informan dalam penelitian ini adalah Kepala Dinas PMPTSP, Kasubag Tata Usaha, koordinator tim administrasi, koordinator tim teknis, staf tim administrasi, dan masyarakat. Metode pengumpulan data yang digunakan pada penelitian ini adalah metode dokumentasi, wawancara dan observasi langsung. Hasil penelitian menunjukkan masih belum efektifnya penyelenggaraan terpadu satu pintu dalam peningkatan kualitas pelayanan kepada masyarakat di dinas PMPTSP Aceh Tengah Provinsi Aceh, berdasarkan observasi dan wawancara yang dilakukan peneliti pada Dinas PMPTSP Aceh Tengah, Masih terdapat keluhan dan pengaduan dari masyarakat berkaitan dengan pelayanan yang diberikan Dinas PMPTSP Aceh Tengah. Selain itu dari kendala-kendala yang mempengaruhi belum efektifnya pelaksaaan PTSP yaitu: masih rendahnya kuantitas dan kualitas sumber daya manusia, kurangnya Sarana dan Prasarana yang memadai, dan anggaran yang masih belum cukup.

Kata Kunci: Efektivitas dan Kualitas Pelayanan Publik

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Arikunto, Suharsimi. 2010. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek, Jakarta: Rineka Cipta.

Bungin, Burhan. 2007. Penelitian Kualitatif, Jakarta: Kencana Prenada Media Group.

Dunn, William N, 2003 (Penerjemah: Samodra, dkk, Pengantar Analisis Kebijakan Publik: Edisi Kedua, Gajah Mada University Press, Yogyakarta.

Dwiyanto, Agus. 2006. Mewujudkan Good Governance Melalui Pelayanan Publik, Jakarta: Gajah Mada university Press.

Giroth, Lexie, M. 2005. Pamong Praja Kibernologi dan Metakontrologi, Jatinagor: CV Indra Prahasta.

Hamdi, 2014, Kebijakan Publik, Proses, Analisis, dan Partisipasi CV. GHALIA INDONESIA

Irawan, Prasetya, 2007, Penelitian Kulitatif dan Kuantitatif untuk Ilmu ilmu Sosial, DIA FISIP UI, Jakarta.

Islamy, Irfan, 2000, Prinsip-prinsip Perumusan Kebijakan NEGARA Republik Indonesia, Bumi Aksara, Jakarta.

Kotler, Philip. 2002. Manajemen Pemasaran di Indonesia: Analisis, Perencanaan, Implementasi dan Pengendalian. Jakarta: Salemba Empat.

Kurniawan J. Luthfi dkk. 2007. Wajah Buram Pelayanan Pubik, Jakarta: Yappika.

Lukman, Sampara. 2000. Manajemen Kualitas Pelayanan, Jakarta: STIA LAN-RI.

Moenir, H.A.S. 2010. Manajemen Pelayanan Umum di Indonesia, Jakarta: PT. Bumi Aksara.

Moleong, Lexy J. 2011. Metode Penelitian Kualitatif. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Nasution. 2005. Manajemen Mutu Terpadu Total Quality Management. Bogor: Ghalia Indonesia.

Nazir, Mohammad. 2005. Metode Penelitian, Jakarta: Ghalia Indonesia.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »