PEMANFAATAN BAHAN BAKU LOKAL SUMBER PROTEIN TINGGI TERHADAP PERTUMBUHAN UDANG WINDU (Panaeus monodon)

Hasmuni ., Rindhira Humairani Z, Muliari .

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini telah dilakukan di Laboratorium Fakultas Pertanian Universitas Almuslim, sejak tanggal 15 Mei sampai dengan 10 Juni 2016. Besarnya potensi budidaya udang windu memacu para petambak untuk memaksimalkan produksi melalui sistem budidaya intensif. Harga pakan komersil yang tinggi menjadi kendala yang besar bagi petani udang windu, khususnya dan petani perikanan pada umumnya. Keong mas mengandung kadar protein yang tinggi yang mencapai 51,8%. Kepala udang memiliki kandungan protein yang mencapai 43-47%. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh pakan tepung keong mas dan tepung kepala udang terhadap pertumbuhan udang windu. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode eksperimental dengan 4 perlakuan dan 3 kali ulangan. Hasil penelitian menunjukkan bahwa nilai efisiensi pakan yang paling tinggi terdapat pada perlakuan C sebesar 0,67%. Nilai SGR yang paling tinggi terdapat pada perlakuan C sebesar 0,27%. Sedangkan nilai tingkat kelangsungan hidup yang paling tinggi terdapat pada perlakuan D (kontrol) sebesar 91,11%.

Kata Kunci : Udang Windu, Tepung Keong Mas, Tepung Kepala Udang, Pertumbuhan dan Efisiensi Pakan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

BPS Bireuen. 2014. Produksi Perikanan Budidaya Menurut Kabupaten dan Subsektor 2009-2014. Bireuen.

BSN (Badan Standarisasi Nasional). 2006. Produksi Benih Udang Windu Penaeus monodon (Fabricius, 1798) Kelas Benih Sebar. SNI 01-6144-2006: 15 hlm.

Effendi, I. 2004. Pengantar Akuakultur. Penebar Swadaya, Jakarta.

Filawati. 2008. Performans Ayam Pedaging yang Diberi Ransum Mengandung Silase Limbah Udang sebagai Pengganti Tepung Ikan. Jurnal Ilmiah Ilmu-ilmu Peternakan. Vol. XI. No. 3.

Hidayat D, Sasanti AD, Yulisman. 2013. Kelangsungan Hidup Pertumbuhan dan efisiensi Pakan Ikan Gabus (Channa striata) yang diberi Pakan Berbahan Baku Tepung Keong Mas (Pomacea sp)

Kordi. G. 2009. Budidaya Perairan. PT. Citra Aditya Bakti. Bandung.

Raya R. 2011. Model Pertumbuhan Udang Windu (Panaeus monodon) untuk Menentukan Pemanenan Optimum. Paradigma. Vol. 15 (2): 113-123.

Tarigan, S.J.B.R. 2008. Pemanfaatan Tepung Keong Mas sebagai Substitusi Tepung Ikan dalam Ransum Terhadap Peformans Kelinci Jantan Lepas Sapih. Skripsi. Universitas Sumatera Utara. Medan.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »