PENERAPAN MODEL TGT (TEAMS GAMES TOURNAMENT) UNTUK MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PENDIDIKAN JASMANI PADA MATERI TEKNIK DASAR SEPAK BOLA SISWA KELAS XI TAV 1 SMK NEGERI 2 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Marzuki Marzuki

Sari


Tujuan penelitian ini adalah meningkatkan Pemahaman dan hasil belajar Pendidikan Jasmani pada Materi Teknik Dasar Sepak Bola kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 19 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 19 orang dan perempuan 0 orang. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah Metode TGT (Teams Games Tournament). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan menandai jumlah siswa yang aktif dalam proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 36.36% pada pra penelitian meningkat menjadi 63.63% pada siklus I dan meningkat menjadi 83.81% pada siklus II. Peningkatan siswa yang aktif dalam proses pembelajaran yaitu dari 65.90% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.22% pada siklus II. Penggunaan Metode TGT (Teams Games Tournament) Meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar Pendidikan Jasmani Pada Materi Teknik Dasar Sepak Bola Siswa Kelas XI TAV 1 SMK Negeri 2 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata kunci: Pemahaman, Hasil Belajar, TGT, Pendidikan, Jasmani, Teknik, Dasar, Sepak Bola.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Agung, Iskandar dkk., 2011, Pendidikan Membangun Karakter Bangsa, Peran Sekolah dan Daerah dalam Membangun Karakter bangsa pada Peserta Didik, Bestari Buana Murni, Jakarta.

Arikunto. 2009, Prosedur Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta.

Hamalik, O. 2002. Kurikulum dan Pembelajaran. Jakarta: Bumi Aksara.

Mulyasa, E. 2006. Imlementasi Kurikulum. Bandung: Remaja Rosdakarya.

Sudijono, 2003. Metode Penelitian Pendidikan (Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif dan R&D). Penerbit CV. Alfabeta: Bandung.

Suharsimi Arikunto. 2002. Prosedur Penelitian Suatu Pendekatan Praktek. Jakarta: Rineka Cipta.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.