MENINGKATKAN PEMAHAMAN DAN HASIL BELAJAR PAI PADA MATERI MENELADANI PERJUANGAN RASULULLAH MELALUI PENERAPAN MODEL STUDENT TEAMS ACHIEVEMENT DIVISION (STAD) SISWA KELAS VII SMP NEGERI 4 SAMATIGA TAHUN PELAJARAN 2020/2021

Nyak Azizah

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk meningkatkan Pemahaman dan Hasil Belajar PAI pada Materi Meneladani Perjuangan Rasulullah siswa kelas VII SMP Negeri 4 samatiga. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah model talking stick. Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas VII SMP Negeri 4 samatiga Tahun Pelajaran  2020/2021. Jumlah siswa adalah 20 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 7 orang yang terdiri dari 13 orang siswa perempuan. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2020/2021. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari2021 sampai dengan Akhur bulan Maret 2021 pada semester genap Tahun Pelajaran 2020/2021. Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat prestasi siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 44.74% pada pra penelitian meningkat menjadi 61.76% pada siklus I dan meningkat menjadi 85.00% pada siklus II. Prestasi belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Penerapan model kooperatif tipe STAD dapat Meningkatan Kemampuan Pembelajaran PAI Pada Materi Meneladani Perjuangan Rasulullah siswa kelas VII SMP Negeri 4 samatiga Tahun Pelajaran 2020/2021.

Kata Kunci: Pemahaman, PAI, Meneladani, Perjuangan Rasululla, Model STAD

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Barizi, Ahmad, 2009 Menjadi Guru Unggul, Jogjakarta: Ar-Ruzz Media.

Hamalik, O. 2005.Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Sugiyono. 2008. Metode Penelitian Pendidikan Pendekatan Kuantitatif, Kualitatif, dan R&D. Bandung: Alfabeta.

Sugiyono. 2011. Statistika untuk Penelitian. Bandung: Alfabeta.

Syamsudin Makmun. 2003. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT Remaja Rosdakarya.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen.

Depdiknas. 2005. Undang-Undang No. 14 Tahun 2005 tentang Guru dan Dosen, pasal 1 ayat 1.

Depdiknas. 2003. Undang-Undang No. 20, tahun 2003, tentang Sistem Pendidikan Nasional.

Depdiknas. 2006. Peraturan Mentri Pendidikan Nasional No 23 Tahun 2006, tentang Standard Kompetensi Lulusan.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.