PENINGKATAN KETERAMPILAN DAN HAISL BELAJAR IPA MELALUI PENERAPAN PENDEKATAN CTL (CONTEXTUAL TEACHING AND LEARNING) PADA MATERI INDRA MANUSIA SISWA KELAS IV SD NEGERI 14 MEULABOH TAHUN PELAJARAN 2019/2020

Baiyani Baiyani

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk untuk meningkatkan keterampilan dan hasil belajar indra manusia pada pembelajaran IPA siswa kelas IV SD Negeri 14 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Model yang digunakan dalam penelitian tindakan kelas ini adalah Pendekatan CTL (Contextual Teaching and Learning). Subyek penelitian tindakan kelas ini adalah siswa Kelas IV SD Negeri 14 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020. Jumlah siswa adalah 35 siswa dengan jumlah siswa laki-laki sebanyak 17 orang dan perempuan 18 orang.Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan pada Tahun Pelajaran 2019/2020. Penelitian tindakan kelas ini dilaksanakan dalam kurun waktu 3 bulan yaitu dari bulan Januari 2020 sampai dengan Maret 2020 pada semester genap.Metodologi penelitian ini adalah penelitian tindakan kelas terdiri dari dua siklus dan setiap siklus terdiri dari dua kali pertemuan. Pada setiap siklus terdiri dari perencanaan, pelaksanaan, pengamatan dan refleksi. Prosedur penelitian terdiri dari pra penelitian, perencanaan siklus satu, pelaksanaan tindakan siklus satu, pengamatan siklus satu, refleksi siklus satu, perencanaan siklus dua, pelaksanaan tindakan siklus dua, pengamatan siklus dua dan refleksi siklus dua. Teknik pengumpulan data yaitu mengumpulkan nilai tes yang dilaksanakan pada setiap akhir pembelajaran pada setiap siklus dengan menggunakan instrument soal (tes tertulis). Data observasi dilakukan dengan melihat keterampilan siswa proses pembelajaran. Data dianalisis dengan cara statistik persentase. Hasil penelitian menunjukkan bahwa terjadi peningkatan ketuntasan hasil belajar siswa dari 37.14% pada pra penelitian meningkat menjadi 68.57 % pada siklus I dan meningkat menjadi 82.85% pada siklus II. Keterampilan belajar siswa mengalami peningkatan dari kategori cukup menjadi baik dan kategori baik meningkat menjadi sangat baik. Pendekatan CTL(Contextual Teaching and Learning) dapat meningkatkan keterampilan dan hasil belajar IPA pada Indra Manusia siswa kelas IV SD Negeri 14 Meulaboh Tahun Pelajaran 2019/2020.

Kata Kunci: Hasil Belajar, Keterampilan, CTL, Indra Manusia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Hamalik, O. 2002. Proses Belajar Mengajar. Jakarta: Bumi Aksara.

Suharsimi Arikunto. 2007. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Rineka Cipta

Suroso. 2009. Penelitian Tindakan Kelas (Peningkatan Kemampuan Menulis Melalui Classroom Action Research). Jogjakarta: Pararaton.

The Liang Gie. 2002. Cara Belajar yang Efisien. Yogyakarta: Pusat Belajar Ilmu Berguna.

Wina Sanjaya. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Jakarta: Kencana.

Folastri, Sisca. 2013. Perbedaan Keterampilan Belajar siswa Berprestasi Tinggi dan Berprestasi Rendah serta Implikasinya dalam Bimbingan dan Konseling. UNP. Volume 2.

Depdiknas. 2003. Undang-undang Republik Indonesia No. 14 Tahun 2003 Tentang Guru dan Dosen. Jakarta: Cemerlang


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.