PENGARUH PENERAPAN STANDAR AKUNTANSI PEMERINTAH DAN KOMPETENSI SUMBER DAYA MANUSIA TERHADAP KUALITAS LAPORAN KEUANGAN KABUPATEN BIREUEN

Jamaluddin Jamaluddin, Ismaturrahmi Ismaturrahmi, Zakaria Yahya

Sari


Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui dan menguji Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah Kabupaten Bireuen, untuk mengetahui dan Menguji Kompetensi Sumber Daya Manusia Kabupaten Bireuen dan untuk mengetahui serta menguji Kualitas Laporan Keuangan Kabupaten Bireuen. Adapun populasi dalam penelitian ini adalah seluruh pegawai pada kantor Badan Pengelolaan Keuangan Daerah (BPKD) kabupaten Bireuen yang berjumlah 120 pegawai dan sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 55 pegawai. Penelitian ini tergolong penelitian survei dengan menggunakan pendekatan metode kuantitif. Dari hasil penelitian didapatkan bahwa terdapat pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah (X1) terhadap kualitas laporan keuangan (Y) pada Dinas Badan Pengelolaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen dengan hasil uji thitung (3,566) > ttabel (1,675) dengan nilai signifikan dibawah 0,05 yaitu 0,001. Terdapat pengaruh kompetensi sumber daya manusia (X2) terhadap kualitas laporan keuangan Kabupaten Bireuen  dengan hasil uji thitung (4,196 > ttabel (1,675) dengan nilai singnifikan sebesar dibawah 0,05 yaitu 0,000.Terdapat pengaruh penerapan standar akuntansi pemerintah (X1) dan kompetensi sumber daya manusia (X2) terhadap kualitas laporan keuangan (Y) pada Dinas Badan Pengelolalaan Keuangan Daerah Kabupaten Bireuen dengan hasil uji Fhitung(63,156) > Ftabel  (3,18) dengan nilai signifikan sebesar 0,000.

Kata Kunci: Penerapan Standar Akuntansi Pemerintah dan Kompetensi Sumber Daya Manusia.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Ghozali, Imam. 2013. Aplikasi analisis multivariate dengan program IBN SPSS 21 Update PLS Regresi. Semarang: Badan Penerbit Universitas Diponogoro.

Ihsanti, Emilda. 2014. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia Dan Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah (Studi Empiris pada SKPD Kab. Lima Puluh Kota)

Sugiyono. 2016. Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif Dan R&D. Bandung: PT Alfabet.

Desiana, Wati Kadek. 2014. Pengaruh Kompetensi Sdm, Penerapan Sap, dan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Daerah e-Journal S1 Ak Universitas Pendidikan Ganesha Jurusan Akuntansi Program S1 (Volume 2 No: 1 Tahun 2014).

Nurhasanah, Firmasnyah, Kurnia Sari. 2018. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Pengendalian Internal Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Provinsi Sumatera Selatan. Jurnal Akuntanika, Vol. 4, No. 1, Januari – Juni 2018.

Nurillah, Asyifa. 2014. Pengaruh Kompetensi Sumber Daya Manusia, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah (Sakd), Pemanfaatan Teknologi Informasi Dan Sistem Pengendalian Intern Terhadap Kualitas Laporan Keuangan Pemerintah Daerah. Skipsi Universitas Diponegoro.

Triwardana, Dhedy. 2017. Pengaruh Penerapan Standar Akuntansi Pemerintahan, Penerapan Sistem Akuntansi Keuangan Daerah Dan Kompetensi Sumber Daya Manusia Terhadap Kualitas Laporan Keuangan SKPD (Studi Pada Pemerintah Daerah Kabupaten Kampar). JOM Fekon Vol. 4 No. 1 (Februari) 2017.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.