ANALISA PENGUKURAN KINERJA KARYAWAN DI ERA REVOLUSI INDUSTRI 4.0

Zulkifli Zulkifli

Sari


ABSTRAK

Revolusi Industri ke empat atau sering disebut dengan istilah populer Revolusi Industri 4.0. Revolusi Industri ini tetap berkaitan dengan Revolusi Industri ketiga. Tetapi Revoluasi Industri 4.0 mulai ditandai dengan berkolaborasinya beberapa teknolgi, sehingga era baru ini terdiri atas tiga bidang ilmu yang independen, yaitu fisika, digital, dan biologi. Walaupun perkembagan Teknologi Informasi (TI) dewasa ini yang begitu cepat dan pesat, tetapi pada era ini banyak institusi dan perusahan belum banyak yang memiliki suatu sistem untuk mengukur kinerja karyawan yang akurat dan komprehensif, guna untuk terwujudnya suatu layanan prima sesuai visi dan strategi dari sebuah organisasi dan institusi. Menghadapi tantangan dan mengimbangi perkembangan tersebut maka diperlukan satu teknik ataupun metode evaluasi untuk penilaian hasil kerja karyawan, ada satu metode yang diyakini apabila diterapkan di era sekarang ini akan mendapatkan hasil yang maksimal, metode tersebut adalah dengan metode pengukuran pendekatan IT Balanced Scorecard. Ada satu hal yang perlu di evaluasi adalah sistem pengukuran absensi secara manual yang tidak lagi relevan di era ini, sehingga diperlukan beberapa perubahan dalam penilaian seperti dalah halĀ  program dan model layanan yang harus banyak menyediakan atau menggunakan teknologi digital (online), berbagai kebijakan dan inovasi yang terkait dengan kinerja dan pelayanan harus terus dilakukan dan disesuaikan dengan kondisi revolusi industri 4.0. Harapan dengan sistem pengukuran kinerja menggunakan metode IT Balanced Scorecard yang bertujuan agar dapat meningkatkan sistem evaluasi dan penilaian era revolusi Industri 4.0 dalam pengukuran kinerja sehingga dapat menghasilkan suatu data yang dapat dipergunakan dalam pengelolaan terhadap proses peningkatan kinerja karyawan pada suatu institusi di masa yang akan datang.

Kata kunci: Pengukuran, Analisis Kinerja, Revolusi Industri 4.0, Teknologi Informasi, IT Balanced Scorecard operational excellence and future orientation,karyawan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Budiarti, Isniar. Bidang Teknik Balanced Scorecard Sebagai Alat Ukur Kinerja dan Alat. Jurnal Bisnis dan Manajemen Jurnal Ilmiah Berkala Empat Bulanan, ISSN 1411 - 9366 Volume 5 No.1, September 2008 in http://lemlit.unila.ac.id/

Eckerson, Wayne W. 2016. Performance Dashboars. Measuring, Monitoring, and Managing Your Business. Ney Jersey.

Rusdiyanto, Falah. 2010. Analisis Kinerja Dengan Pendekatan Balance Scorecard Pada Kabupaten Semarang. Skripsi. Universitas Diponegoro Semarang.

Burhanuddin, R. 2012. Pengaruh Kepuasan Kerja Dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Pada PT. Bank Mandiri (Persero) Tbk Makassar. Makassar: Universitas Hasanuddin.

Gibson, J. L., Donnelly, J. H., & Ivancevich, J. M. 1997. Manajemen. Jakarta: Erlangga.

Huerta, Esperanza dan Villanueva, Francisco, 2003. The Balanced Scorecard to Measure Information Technology Performance : Work In Progress. Proceeding of the 7th of the Southern Association for Information System. Jogiyanto dan Wily Abdillah, 2011.

Zulkifli, Analisa sistem informasi pengelolaan kas mesjid berbasis komputerisasi, jurnal ilmiah berkala bulanan, ISSN1829-9598 volume 14,no.9 juli 2014 in http://jurnal.umuslim.ac.id/index.php/LTR1/article/view/727

Zulkifli, Mengukur Indeks Keamanan informasi dengan Metode Octaveberstandar ISO 27001 pada Universitas Almuslim, jurnal ilmiah berkala bulanan, ISSN 2302-4838 volume 8,no.1. 1 April 2016

https://www.researchgate.net/publication/267767194_E82_SISTEM_PENDUKUNG_KEPUTUSAN_PENILAIAN_KINERJA_

http://sumberdaya.ristekdikti.go.id/index.php/2018/01/30/era-revolusi-industri-4-0-saatnya-generasi-millennial-menjadi-dosen-masa-depan/

https://muttaqinhasyim.wordpress.com/2012/02/24/tujuan-dan-pengertian-evaluasipenilai

http://jurnal-sdm.blogspot.com/2009/04/penilaian-kinerja-karyawan-definisi.html


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.