STRATEGI PENGEMBAGAN USAHA KERAJINAN LIMBAH KORAN MENGGUNAKAN ANALISIS SWOT

Dita Eka Pertiwi Sirait

Sari


ABSTRAK

Penelitian ini bertujuan untuk mengidentifikasi faktor internal dan faktor eksternal, serta untuk mengetahui strategi pengembangan usaha industri kerajinan kerajinan limbah koran J.art di Kota Medan. Data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Data primer diperoleh melalui observasi dan wawancara yang dilakukan kepada dua pihak yaitu pihak internal (pemilik usaha) dan pihak eksternal (konsumen). Sedangkan, data sekunder diperoleh dari studi literatur. Analisis data yang digunakan adalah dengan menggunakan analisis SWOT. Hasil penelitian menunjukan bahwa faktor internal yang merupakan kekuatan (strength) yaitu: bahan baku yang sangat mudah didapat, kualitas bahan baku yang baik, harga bahan baku yang sangat murah, Produk memiliki keunikan yang tinggi, pengrajin memiliki jiwa bisnis dan keterampilan yang tinggi , harga produk yang relatif terjangkau sedangkan faktor internal yang merupakan kelemahan (weakness) dari bisinis ini yaitu: belum memiliki pencatatan keuangan, alat produksi tradisional, penataan produk yang belum tertata rapi, belum memiliki hak paten, promosi belum efisien, belum memiliki tempat khusus usaha, dan belum ada tempat parkir. Faktor eksternal yang merupakan peluang (opportunity) meliputi: peluang pasar yang tinggi, dukungan pemerintah, kesempatan mengikuti pelatihan, kesempatan mengikuti pameran sedangkan yang merupakan ancaman (threats) yaitu: Barang subtitusi berbahan baku plastik, Adanya kemungkinan pesaing yang meniru design produk. Berdasakan diagram SWOT, maka strategi yang terpilih adalah kombinasi SO yaitu: 1) Mempertahankan kualitas produk dan tetap mengembangkan produk dengan cara berinovasi untuk menciptakan produk-produk kerajinan limbah koran dengan design baru. 2) Tetap bekerja sama dengan pemerintah dan dinas terkait untuk mengembangkan dan memperluas daerah pemasaran agar produk lebih dikenal masyarakat lokal bahkan mancanegara melalui kegiatan pelatihan dan pameran yang diselenggarakan.

Kata Kunci: SWOT, Limbah Koran, Strategi Pengembangan


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Amalia, Alfi. Wahyu Hidayat. Agung Budiatmo. 2012. Analisis Strategi Pengembangan Usaha Pada UKM Batik Semarangan Di Kota Semarang. Jurnal Ilmu Administrasi. Ejournal–S1.undip.ac.id

Badan Ekonomi Kreatif dan Badan Pusat Statistik. 2017. Data Statistik dan Hasil Survei Ekonomi Kreatif. Badan Ekonomi Kreatif (Bekraf)

David, Fred R. 2011. Manajemen Strategis Konsep. Jakarta: Salemba Empat

Departemen Perdagangan Republik Indonesia. 2009. Studi Industri Kreatif Indonesia 2009. Depdag RI

Ferrel, O.C & D, Harline. 2005. Marketing Strategy. South Western: Thomson Corporation.

Fuad, M. Christine H. Nurlela. Sugiarto. Paulus. 2009. Pengantar Bisnis. Jakarta: PT Gramedia Pustaka.

Rangkuti, Freddy. 2008. Analisis SWOT Teknik Membedah Kasus Bisnis. Jakarta: Gramedia Pustaka Utama.

Suryana. 2013. Ekonomi Kreatif, ekonomi baru: mengubah ide dan menciptakan peluang. Jakarta: Salemba Empat

Suliyanto. 2010. Studi Kelayakan Bisnis: Pendekatan praktis. Yogyakarta: Cv. Andi Offset.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.