ANALISIS PENERAPAN TEKNIK SEARCH ENGINE OPTIMIZATION ON-PAGE DAN OFF-PAGE PADA WEBSITE

Ridwan ., Rizal Munadi, Yuwaldi Away

Sari


ABSTRAK

Pengembangan website pada setiap Perguruan Tinggi (PT) diharapkan menjadi media informasi dan komunikasi yang efektif dengan masyarakat. Sebuah website akan mendapatkan pengunjung yang banyak jika menempati peringkat teratas pada halaman mesin pencari. Teknik untuk optimasi website yaitu SEO on-page dan off-page. Perubahan algoritma mesin pencari sangat berdampak terhadap peringkat website. Website yang tidak memperhatikan perubahan algoritma akan menyebabkan peringkat website menurun. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui teknik optimasi SEO terbaik untuk menaikkan peringkat website pada mesin pencari google berdasarkan perubahan algoritma terbaru. Untuk mendapatkan tujuan penelitian, langkah pertama peneliti melakukan analisis penilaian terhadap website resmi Perguruan Tinggi Negeri dan Swasta di Aceh sebagai pemetaan awal untuk melihat sejauh mana penerapan SEO yang telah diterapkan. Langkah kedua, di rancang dan di bangun empat buah website sampel yang diterapkan optimasi SEO yang berbeda sebagai pengujian teknik optimasi terbaik dalam mendapatkan peringkat pada mesin pencari google. Berdasarkan hasil analisis penilaian dan pengujian website sampel dihasilkan suatu rekomendasi optimasi SEO terbaik dalam mendapatkan peringkat pada mesin pencari google. Hasil analisis menunjukkan website perguruan tinggi di Aceh belum memperhatikan aspek SEO pada websitenya berdasarkan nilai SEO rata-rata 45,28 untuk website PTN dan 40,83 untuk PTS. Untuk mendapatkan peringkat terbaik website pada mesin pencari google, kombinasi optimasi SEO on-page dan off-page merupakan yang terbaik yang dapat diterapkan.

Kata kunci: SEO, website, SEO on-page, SEO off-page, google


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

V. Vryniotis, (2010), Is Search Engine Traffic The Best Traffic You Can Get, [online], Available: http://www.webseoanalytics.com/blog/is-searchengine-traffic-the-best-traffic-you-can-get/.

D. Fallows, “Search Engine Users: Internet searchers are confident, satisfied and trusting,” Washington D.C., 2005.

H.A. Google, (2012), Search Engine Optimization, [Online]. Available:http://support.google.com/webmasters/bin/answer.py?hl=en&answer=35

Malaga RA, (2008), The Value of Search Engine Optimization: An Action Research, Project at a New E-commerce site, [online], Available: http://www.infoscijournals.com/downloadPDF/pdf/ITJ3781_VFGCcRSMTQ.pdf.

K. Purcell, J. Brenner, and R. Lee, “Search Engine Use 2012,” Washington D.C., 2012.

J. L. Ledford, Search Engine Optimization Bible. Indianapolis: Wiley Publishing Inc, 2008.

Beel et al, “Academic Search Engine Optimization (ASEO); optimizing Scholarly Literature for googlr Scholar & Co”, 2010

K. Choudhari and V.K. Bhalla, “Video Search Engine Optimization Using Keyword and Feature Analysis” Second International symposium on computer vision and the internet, 2015.

A. Setyaji, H. A. Nugroho, “Analisis aspek search Engine Optimization SEO) pada website-website resmi pemerintah” Thesis UGM Indonesia, 2013

S. Achmady “ Analisis teknik optimasi website terhadap hasil pencarian google ”, Thesis USU indonesia, 2015.

Brick marketing, “what is SEO or Search Engine Optimization”, 2012.

Kritzinger. W & Weideman, M. Top ranking commercial websites: search engine optimization versus pay per click, (Januari 2010).

C.G. Fartinescu, M.O. Popescu, Member IEEE, C.L. Popescu, A.S. Deaconu, “Terms of search engine optimization (SEO) analysis subject: the website of the faculty of electrical engineering”. In Internesional Symposium on advanced topics in electrical engineering, Bucharest, Romania, May. 2015.

M.M. Shafiee, S. rahimzadeh, and R. Haghighzade, “The effect of implementing SEO Techniques and website design methods on E-Tourism development: A Sudy of travel agencies E-tourism websites”, in International Conference on e-commerce with focus on e-tourism, Isfahan, Iran, April. 2016.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »