PENGARUH MOTIVASI DAN PENEMPATAN PEGAWAI TERHADAP KINERJA PEGAWAI PADA BADAN PEMBERDAYAAN MASYARAKAT DAN KELUARGA SEJAHTERA KABUPATEN ACEH UTARA

Zakaria Yahya

Sari


ABSTRAK

Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh motivasi dan penempatan pegawai terhadap kinerja pegawai pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Aceh Utara. Teknik pengumpulan data yang digunakan yaitu kuesioner dan studi pustaka. Metode analisis data yang digunakan adalah dengan regresi linear berganda. Penulis menyebarkan kuesioner kepada 70 orang pegawai yang bekerja pada Badan Pemberdayaan Masyarakat dan Keluarga Sejahtera Kabupaten Aceh Utara. Nilai koefisien korelasi (R) diperoleh sebesar 0,743 dan nilai Adjusted R2 sebesar 0,539 atau 53,9,7% dan sisanya sebesar 46,1% dipengaruhi oleh variabel lainnya yang tidak diteliti pada penelitian ini (error term). Dari hasil pengujian secara parsial, variabel motivasi (X1) diperoleh nilai thitung 2,860 > ttabel 1,996, dimana bahwa variabel motivasi (X1) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Penempatan pegawai (X2) diperoleh nilai thitung 5,448 > ttabel 1,996, dimana bahwa variabel penempatan pegawai (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y). Untuk pengujian secara simultan, diperoleh nilai Fhitung 41,398 > Ftabel 3,13, dimana secara bersamaan atau secara simultan variabel bebas yang terdiri dari motivasi (X1) dan penempatan pegawai (X2) berpengaruh secara signifikan terhadap variabel kinerja pegawai (Y) dengan tingkat signifikan 0.000.

Kata Kunci: Motivasi, Penempatan Pegawai, Kinerja Pegawai.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ardana, I Komang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Edisi Pertama. Penerbit Graha Ilmu. Yogyakarta.

Arikunto, Suharsimi. (2008). Prosedur Penelitian: Suatu Pendekatan Praktik. Cetakan Ketiga Belas. PT. Rineka Cipta. Jakarta.

As’ad, Mohammad. (2009). Psikologi Industri. Edisi Keempat. Penerbit Liberty. Yogyakarta.

Ayu, Maristiana. (2011). Analisis Pengaruh Motivasi dan Penempatan Pegawai Terhadap Kinerja Pegawai Pada Dinas Tata Kota Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Bandar Lampung.

Handoko, T. Hani. (2011). Manajemen Personalia dan Sumber Daya Manusia. Edisi 2. Cetakan Kelima belas. BPFE. Yogyakarta.

Hasibuan, Malayu S.P. (2013). Manajemen Sumber Daya Manusia. Bumi Aksara. Jakarta.

Habe, Hazairin. (2012). Analisis Pengaruh Motivasi dan Penempatan Karyawan Terhadap Kinerja Karyawan Pada CV. Organik Agro Sistem (OASIS) Di Bandar Lampung. Fakultas Ekonomi Universitas Sang Bumi Ruwa Jurai. Bandar Lampung.

Mangkunegara, Anwar Prabu. (2012). Evaluasi Kinerja Sumber Daya Manusia. Refika Aditama. Bandung.

Rivai, Veithzal. (2011). Manajemen Sumber Daya Manusia Untuk Perusahaan: dari Teori ke Praktik. Raja Grafindo Persada. Jakarta.

Robbins, S. P. (2009). Perilaku Organisasi. Konsep, Kontroversi dan Aplikasi. (Terjemahan Hadyana Pujaatmaka). Prenhallindo. Jakarta.

Simanjuntak, Payaman J. (2010). Manajemen dan Evaluasi Kinerja. FE UI. Jakarta.

Sedarmayanti. (2009). Sumber Daya Manusia dan Produktivitas Kerja. Mandar Maju. Bandung.

Slamet, R. (2010). Motivasi dan Pelimpahan Wewenang. Penerbit PT. Raja Grafindo. Jakarta

Sugiyono. (2011). Metode Penelitian Kuantitatif, Kualitatif dan R & D. Alfabeta. Bandung.

Winardi, J. (2010). Manajemen Perilaku Organisasi. Edisi Revisi. Penerbit Prenada Media. Jakarta.

Wahyudi, Bambang. (2012). Manajemen Sumber Daya Manusia. Sulita. Bandung.


Refbacks

  • »