PENGARUH TEKNIK PEMBELAJARAN BUZZ (BUZZ GROUP) TERHADAP HASIL BELAJAR SISWA PADA MATERI STATISTIKA DI KELAS XI SMA NEGERI 3 BIREUEN

Nur Hayati

Sari


ABSTRAK

Hasil observasi awal yang dilakukan di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen menunjukkan bahwa siswa masih kurang tertarik untuk mempelajari materi-materi dalam pembelajaran matematika khususnya pada materi statistika. Hal ini terjadi karena masih ada siswa yang beranggapan bahwa matematika merupakan mata pelajaran yang sulit dan membosankan. Untuk mengatasi masalah tersebut, penulis melakukan penelitian dengan menerapkan teknik pembelajaran Buzz Group. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah terdapat perbedaan hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik pembelajaran Buzz Group dan yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional pada materi statistika di kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Jumlah sampel yang akan diteliti sebanyak 56 orang siswa yang dibagi dalam dua kelas yaitu kelas XI IPA1 (kelas kontrol) dan kelas XI IPA2 (kelas eksperimen). Berdasarkan hasil penelitian diperoleh hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan teknik pembelajaran Buzz Group pada meteri statistika lebih baik dari pada hasil belajar siswa yang diajarkan dengan menggunakan pembelajaran konvensional.

Kata Kunci: statistika, teknik pembelajaran Buzz Group, pembelajaran konvensional, kelas kontrol, kelas eksperimen, hasil belajar.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Dimyati dan Mudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Ilyani. 2011. Pembelajaran Dengan Teknik Buzz Group Untuk Meningkatkan Prestasi Belajar Siswa Pada Materi Invers Matriks Di Kelas XII SMA Negeri 1 Peusangan Siblah Krueng. Matangglumpangdua: Unimus.

Jelly, Ageng. 2007. Penerapan Pembelajaran Aktif, Kreatif, Efeltif, Dan Menyenangkan (PAKEM) Sub Pokok Bahasan Keliling Dan Luas Bangun Persegi Dan Persegi Panjang Pada Siswa Kelas VIIA SMP N 1 Pujer Bondowoso. Jember: Universitas Negeri Jember.

Mulyasa. 2003. Kurikulum Berbasis Kompetensi. Konsep Karakteristik Dan Implmentasi. (Online). [http: //blog.uny.ac.id/yoyonsuryono/makalah/]. Diakses 27 Januari 2012.

Nurhayati. 2012. Pengaruh Teknik Pembelajaran Buzz (Buzz Group) Terhadap Hasil Belajar Siswa Pada Materi Statistika Di Kelas XI SMA Negeri 3 Bireuen. Matangglumpangdua: Unimus.

Riduwan. 2008. Dasar – Dasar Statistika. Bandung: Alfabet.

Sudjana. 2005. Metoda Dan Teknik Pembeleajaran Partisipatif. Bandung: Rineka Cipta.

Sudjana. 2005. Metoda Statistika. Bandung: Rineka Cipta.

Sugiyono. 2011. Metode Penelitian Kuantitatif Kualitatif Dan R&D. Bandung: Alfabeta, CV.

Uno, Hamzah. 2007. Profesi Kependidikan. Gorontalo. Bumi Aksara.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »