MENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR PERKALIAN BERSUSUN MENGGUNAKAN MODEL KOOPERATI F TIPE TAI PADA SISWA KELAS IV SD NEGERI 3 MEURAH DUA
Sari
Pembelajaran materi perkalian bersusun merupakan salah satu pokok bahasan yang diajarkan
pada siswa kelas kelas IV SD Negeri 3 Meurah dua. Banyak siswa mengalami kendala dalam
mempelajari materi tersebut yaitu kesulitan pada saat meyelesaikan soal -soal walaupun mereka sudah
mempelajari materi tersebut. Salah satu penyebab adalah karena belajar mereka kurang aktif tidak
bermakna. Padahal belajar kelompok ada diterapkan tetapi bukan menurut aturan para ahli. Oleh
karena itu peneliti menerapkan belajar kelompok tipe TAI. Pendekatan peneliti an kualaitatif, jenis
penelitian PTK. Subjek penelitian seluruh siswa Kelas IV sebanyak 15 siswa. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.
Pembelajaran dengan kooperativ tipe TAI adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat
digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas IV pada materi perkalian
bersusun sampai hasilnya tiga angka.
pada siswa kelas kelas IV SD Negeri 3 Meurah dua. Banyak siswa mengalami kendala dalam
mempelajari materi tersebut yaitu kesulitan pada saat meyelesaikan soal -soal walaupun mereka sudah
mempelajari materi tersebut. Salah satu penyebab adalah karena belajar mereka kurang aktif tidak
bermakna. Padahal belajar kelompok ada diterapkan tetapi bukan menurut aturan para ahli. Oleh
karena itu peneliti menerapkan belajar kelompok tipe TAI. Pendekatan peneliti an kualaitatif, jenis
penelitian PTK. Subjek penelitian seluruh siswa Kelas IV sebanyak 15 siswa. Data dalam penelitian
ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir, observasi, wawancara, dan catatan lapangan.
Pembelajaran dengan kooperativ tipe TAI adalah salah satu alternatif pembelajaran yang dapat
digunakan guru untuk meningkatkan prestasi belajar siswa di Kelas IV pada materi perkalian
bersusun sampai hasilnya tiga angka.
Teks Lengkap:
PDFReferensi
Arikunto, Suharsimi, dkk. 2009. Penelitian
Tindakan Kelas. Jakarta: Bumi
Aksara
Marzuki, 2011. Pembelajaran Matematika
Kelas Tinggi. Bireuen: UPTPerpustakan
Unimus.
Sugiyono, 2007. Metode Penelitian
Pendidikan Pendekatan Kualitatif .
Bandung: Alfabeta.
Trianto, 2009. Mendesain Model
Pembelajaran Inovatif Progresif .
Surabaya: Kencana.
Refbacks
- Saat ini tidak ada refbacks.