BIROKRASI PENYALURAN BIAYA PENDIDIKAN UNTUK MAHASISWA KURANG MAMPU

Ilyas Ismail

Sari


ABSTRAK

Birokrasi adalah tipe dari suatu organisasi yang dimaksudkan untuk mencapai tugas-tugas administrasi yang besar dengan cara mengkoordinir secara sistematis (teratur) pekerjaan dari banyak. Dalam suatu perumusan lain dikemukakan bahwa birokrasi adalah tipe organisasi yang dipergunakan pemerintah modern untuk pelaksanaan berbagai tugasnya yang bersifat spesialisasi, dilaksanakan dalam sistem administrasi dan khususnya oleh aparatur pemerintah. Pembuatan kebijaksanaan yang rasional memerlukan informasi yang lengkap menganai berbagai alternatif  kebijaksanaan, kemampuan meramal untuk melihat secara cermat akibat-akibat dari kebijaksanaan yang dipilih dan kejadian untuk memperhitungkan secara tepat nisbah antara biaya dan manfaat yang diperoleh pembuatan kebijaksanaan yang rasional juga membutuhkan adanya suatu sistem pengambilan keputusan yang mendorong terciptanya rasional dalam perumusan kebijaksanaan. Pemberian bantuan dana harus melalui beberapa tahapan yang telah digariskan dalam prosedur kegiatan. Dari hasil wawancara di atas dapat diambil kesimpulan bahwa, penyaluran bantuan dana yang tidak melalui seleksi akan mengakibatkan kecemburuan antara mahasiswa yang tidak menerima bantuan dengan mahasiswa yang menerima bantuan. Hal inilah yang harus dapat masyarakat hindari.

Kata Kunci: Birokrasi dan Biaya Pendidikan

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Agus, 2002, Membangun sistem pelayanan publik yang Memihak pada Rakzat, Buletin Populasi Vol. 13 No. 1, Universitas Gajah Mada yogyakarta.

Ali,1., 2003, Kebijaksanaan pendidikan; perumusan, pelaksanaan dan Penilaiannya, FKIP IKIP, Malang.

Arikunto, S., 2010, Manajemen penelitian, cetakan Ketujuh, Rineka cipta Jakarta.

Attia, M.1-1., 2008, Bimbingan Pendidikan dan Pekerjaan, Bulan Bintang, Jakarta.

Ayub, 2010, Model-Model Implementasi Kebijakan Publik,Rineka Cipta, Jakarta.

Siagian, S.P., 2002, Organisasi Kepemimpinan dan Prilaku organisasi, Gunung Agung, Jakarta.

Sri, S. dan Supriyanto Eko, 2001. Operasionarisasi Pelayanan Prima, Lembaga Administrusi Negara Repuhlik Indonesia.

Suwarno, H., 2002, Pengantar Ilmu Administrasi dan Management, Gunung Agung Jakarta

Widodo, I., 2001, Good Govermence Tetaah dari Dimensi, Akuntabilitas dan Birorvasi Penyaluran Beasiswa Pada Era Desentralisasi dan Otonomi Daerah, Bumi Aksara Jakarta


Refbacks

  • »