PENINGKATAN HASIL BELAJAR OPERASI HITUNG BILANGAN BULAT DENGAN MENGGUNAKAN PEMBELAJARAN MATEMATIKA REALISTIK

Marzuki .

Sari


ABSTRAK

Ketidak mampuan siswa dalam mempelajari  matematika akibat dari kurang minat atau motivasi dari diri siswa itu sendiri. Bukan sedikit siswa benci pelajaran matematika kurang senang kepada  matematika karena sulit dimengerti tidak mudah dipahami ketika guru menjelaskan. Seperti halnya kurang prestasi hasil belajar operasi hitung bilangan bulat. Belajar operasi bilangan bulat dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik yang dapat membuat siswa aktif dan kreatif karena masalah-masalah yang dipelajari dapat disajikan dalam bentuk wujud kegiatan atau penggunaan peragaan benda langsung sebagaimana yang terdapat dalam kehidupan sehari-hari. Perbaikan proses pembelajaran dalam penelitian ini dilakukan pada siswa kelas IV SD N 1 Peusangan Selatan dengan pendekatan pembelajaran matematika realistik. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan jenis penelitian tindakan kelas adapun tindakannya yaitu  operasi hitung bilangan bulat dilakukan pada siswa kelas IV SD N 1 Peusangan Selatan yang berjumlah 25 siswa. Dengan rincian kegiatan penelitian tindakan kelas ini adalah perencanaan, pelaksanaan, observasi dan refleksi. Perolehan observasi kegiatan guru ketika melakukan tindakan skor rata-rata  90% , sedangkan hasil observasi kegiatan siswa dengan skor  rata-rata 95% dan perolehan hasil tes setelah tindakan 80% siswa memperoleh nilai 65 dari 25 siswa. Dengan demikian Pembelajaran matematika realistik dapat meningkatkan hasil belajar siswa pada materi operasi hitung bilangan bulat  pada siswa kelas IV SD N 1 Peusangan selatan.

Kata Kunci: Realistik, Matematik dan Operasi Bilangan Bulat


PENDAHULUAN

Perbaikan prestasi selalu dilakukan oleh guru maupun pihak yang terkait, kegiatan kearah perbaikan prestasi membuat perangkat pembelajaran sampai keproses kegiatan belajar di dalam kelas. Untuk memenuhi perangkat pembelajaran pihak pengelola pendidikan selalu melakukan pelatihan-pelatihan kepada guru tentang perangkat pembelajaran sebagai administrasi pendidikan untuk mengajar.

Melaksanakan pembelajaran matematika di dalam kelas sebaik-baiknya menurut kemampuan praktisi selalu dilakukan, pembelajaran  yang diawali dengan apersepsi  pada kegiatan awal diperkuat dengan tujuan pembelajaran dengan harapan para siswa mengetahui apa tujuan mempelajari materi tersebut. Setelah kegiatan awal terselesaikan guru mulai dengan kegiatan inti yang beranjak dari penjelasan materi secara singkat dan kemudian  untuk kejelasan materi operasi bilangan bulat diberikan contoh yang diselesaikan secara bersama-sama dengan harapan siswa dapat mengerti dan memahami materi yang mereka pelajari, apabila satu contoh yang dikerjakan bersama tidak dapat dipahami oleh siswa diberikan contoh kedua supaya siswa lebih mengerti yang kemudian kegiatan pembelajaran di diarahkan kepada siswa mengerjakan latihan-latihan yang sudah tersedia di buku.  Namun  prestasi yang diukur dengan tes sebagai hasil belajar tidak seperti yang diharapkan lebih banyak siswa yang tidak bisa dari pada siswa yang mampu menyelesaikan operasi hitung bilangan bulat yaitu 24% siswa yang mendapat nilai 65, sedangkan 76% siswa memperoleh nilai < 65. Hal ini lebih banyak siswa mengalami kesulitan dalam memahami materi operasi hitung bilangan bulat dari pada siswa yang mengerti.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Mukhlis, Abdul. (Ed). 2000. Penelitian Tindakan Kelas. Makalah Panitian Pelatihan Penulisan Karya Ilmiah untuk Guru-guru se-Kabupaten Tuban.

Omar, Hamalik. 2006. Proses Belajar Mengajar. Bandung: Bumi Aksara.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor-faktor yang mempengaruhi. Jakarta: Rosdakarya.

Sukmadinata, Nana Syaodih. 2005. Metode Penelitian Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosdakarya.

Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan Kelas. Banda Aceh: FKIP Unsyiah

Wiratmadja, Rochiyati. 2008. Metode Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Remaja Rosdakarya.


Refbacks

  • »