PENINGKATAN PRESTASI BELAJAR VOLUME TABUNG DENGAN MENGGUNAKAN METODE THINK PAIR SHARE PADA SISWA KELAS VI SD NEGERI 1 KOTA JUANG BIREUEN

Marzuki MARZUKI

Sari


Pembelajaran yang disampaikan selama ini dengan metode d iri sendiri bukan menurut para ahli,
maka dilakukan tindakan pembelajaran menurut para ahli yaitu dengan menggunakan metode think
pair share. Ketika guru menyejikan pelajaran, guru selalu berusaha menjelaskan materi, tidak sedikit
siswa yang masalah akibat dari ketidak mampuan mencerna konsep yang sedang mereka pelajari.
Dengan demikian dalam penelitian ini akan dilakukan satu tindakan berupa pembelajaran sebagai
usaha untuk meningkatkan prestasi siswa terhadap volume tabung dengan menggunakan metode
think pair share. Pendekatan penelitian kualaitatif, jenis penelitian PTK, subjek penelitian seluruh
siswa Kelas VI sebanyak 41 siswa. Data dalam penelitian ini dikumpulkan melalui tes awal, tes akhir,
observasi, wawancara, dan catatan lapangan. Pembelajaran dengan think pair share materi volume
tabung dapat meningkatkan prestasi belajar siswa kelas VI SD Negeri 1 Kota Juang Bireuen

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


Arikunto, Suharsimi. 2009. Prosedur

Penelitian. Jakarta: Rineka Cipta

Mahmuddin dalam

http//edukasi.kompasiana..com//20

/12/20/pembelajaran think pair

share diakses 5 November 2011.

Mille, M.B & Huberman, A. M. 2009.

Analisis Data Kualitatif

(Terjemahan dari Tjetjep Rohidi).

Jakarta: Universitas Indonesia.

Slameto. 2003. Belajar dan Faktor yang

mempengaruhinya: Jakarta: Rineka

Cipta

Usman dkk. 2008. Penelitian Tindakan

Kelas. Darussalam: Universitas

Syiah Kuala.


Refbacks

  • Saat ini tidak ada refbacks.