PENGARUH MARKETING MIX TERHADAP KEPUASANKONSUMEN PADA RUMAH MAKAN PAK ULIS BIREUEN

Denni Firmansyah

Sari


ABSTRAK

Penelitan ini bertujuan untuk menganalisis pengaruh marketing mix terhadap kepuasan konsumen pada rumah Makan Pak Ulis di kabupaten Bireuen. Data yang digunakan adalah data primer yang diperoleh dari 150 responden dengan  menggunakan  koensioner, Berdasarkan  hasil pengujian secara parsial, maka diketahui variabel produk (X1) memiliki nilai thitung  sebesar 3,564 sedangkan ttabel adalah adalah 1,655. Halitu berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolak Ho dan menerima Hi. Maka dapat disimpukan bahwa secara parsial variabel produk sangat berpengaruh terhadap variabel kepuasan konsumen, untuk variabel harga, nilai thitung sebesar 1,947 sedangkan ttabek adalah 1,655. Hal ini berarti thitung < ttabel, maka hasil penelitian menerima Ho dan menolak Hi  Maka dapat disimpulkanbahwa secara parsial variabel harga tidak berpengaruh  terhadap variabel kepuasan konsumen Rumah Makan Pak Ulis di Bireuen. Sedangkan untuk variabel tempat, nilai thitung 4,242 sedangkan ttabel 1,655. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasil penelitian menolak Ho  dan menerima Hi, dapat disimpulkan dapat bahwa secara parsial variabel tempat sangat berpengaruh terhadap variabek kepuasan konsumen rumah makan Pak Ulis Bireuen. Begitu jugak untuk variabel promosi, nilai thitung sebesar2,475 sedangkan ttabel adalah 1,655. Hal ini berarti thitung > ttabel, maka hasi penelitian menolak Ho dan menerima Hi, dapat dsimpulkan bahwasecara parsial  variabel  promosi sangat berpengaruh terhadap kepuasan  konsumen rumah makan Pak Ulis Bireuen.

Kata Kunci: Marketing Mix, dan Kepuasa Konsumen


PENDAHULUAN

Sejalan dengan perkembangan teknologi yang semakin canggih dalam globalisasi saat ini perkembangan dunia usaha di Indonesia juga semakin meningkat. Oleh karena itu, perusahaan pada masa sekarang ini menghadapi persaingan yang sangat ketat. Berbagai cara dilakukan untuk menarik minat konsumen dalam membeli produk yang ditawarkan, Hanya perusahaan yang mampu mengimbangi pasarlah yang mampu bertahan dan terus eksis di dunia bisnis sekarang ini.

Setiap perusahaan selalu berusaha agar produk yang dihasilkan dapat mencapai tujuan yang di harapkan. Salah satunya adalah dengan melaksanakan marketing mix dengan tepat. Hal ini dilakukan dengan tujuan untuk mengimbangi maupun mengadakan persaingan di dalam usaha agar produk mampu menarik minat konsumen untuk membeli produk yang dihasilkan sehingga target penjualan dapat tercapai.

Dengan semakin pesatnya penjualan yang ada di Indonesia, menyebabkan tejadinya persaingan yang ketat. Sedangkan disisi lain jumlah permintaan konsumen masih terbatas. Maka fungsi pemasaran menempati proporsi yang semakin menentukan bisnis perusahaan, tentu saja tanpa mengesampingkan fungsi bisnis yang lainnya. Pergeseran variabel pada saat belum ada persaingan mempunyai persaingan dapat menimbulkan masalah, disaat belum ada persaingan maka perusahaan belum membutuhkan pemasaran, pada saat persaingang semakin keras, maka pemasaran menjadi fungsi yang semakin penting  di perusahaan  dan pada saat situasi persaingan sudah sangat keras tidak dapat diduga dan kacau, pemasaran menjadi konsep bisnis yang menjiwai setiap orang dalam perusahaan.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Alman bukhari. 2007. Pengatar Bisnis. Bandung: Alfaneta.

Arikunto, suharsimin, (2007) Prosedur Peneletian suatu Pendekatan Praktis, Rineka Cipta, Jakarta.

Aji krisna Yuniar Dalam., (Darmanyana, 2005) Skripsi.

Buchari Almat. (2007). Manajemen Pemasaran dan Pemasaran jasa. Bandung: Penerbit Alfabeta.

Fandy Tjipotono (2005). Pemasaran Jasa, Edisi Pertama, Bayu Media Publising, Malang

Ghozoli, Iman, (2005), Analisis Multivarian dengan Mengunakan Program SPSS, penerbit: BPUNDIP, Yokyakarta.

Kotler Phikip 2006. Manajemen Pemasaran, Jilid1 dan 2.Jakarta: PT.Indeks.

Lupiyouhadi, Ramban, 2008, Menajemen Pemasaran Jasa, Salemba Empat, Jakarta

Supanga, Andi (2011), Statitikan, dalam Kajian Deskriptis, Inferensi, dan Nonparametrik, Kencana Perdana Media gorum, Jakarta.

Sujana. (2005). Metode Statistik. Bandung: Tarsito.

Sugiono, (2007), Metode Penelitian Bisnis, Alfabeta, Bandung.

Sutisna. 2003. Perilaku Konsumen dan Komunikasi Pemasaran. Bandung: Remaja Putra

Supranto.J.M.A, (2003) Pengukuran Tingkat Kepuasan pelanggan, Rineka Cipta, Jakarta

Wulansari, Eka. (2007) Analisis Kepuasan Pelanggan terhadap kualitas pelayanan perusahaan Daerah Air Minum.[Online]. Tanggal akses 2 November 2009.


Refbacks

  • »
  • »