APLIKASI PENGENALAN TEKS AKSARA DAN BAHASA BATAK TOBA MENJADI SUARA MENGGUNAKAN METODE FINITE STATE AUTOMATA (FSA)

Muhammad Anggia Muchtar dan Tengku Fadhilah Hasyim

Sari


ABSTRAK

 

Aksara Batak Toba sebagai warisan budaya sudah mulai dilupakan. Perkembangan budaya Nasional mengalami tantangan yang semakin kompetitif dari budaya-budaya negara lain. Oleh karna itu, dibutuhkan sebuah indikasi dan terobosan untuk menumbuhkan nilai-nilai budaya tradisional. Salah satunya memperkenalkan aksara Batak Toba kepada masyarakat. Sistem ini menggunakan metode Finite State Automata (FSA) dalam proses pengenalan suku kata bahasa Batak Toba dan kemudian diimplemtasikan juga dengan menggunakan Text To Speech (TTS) untuk mengetahui bacaan dari aksara Batak. Hasil pengujian menyimpulkan bahwa dengan menggunakan metode finite state automata, memudahkan untuk mengubah vokal /a/ pada suku kata Batak Toba menjadi vokal lain yaitu vokal /i/, /u/, /e/, /o/ dan /ng/. Aplikasi ini juga dapat berguna sebagai kamus dari bahasa Batak Toba ke bahasa Indonesia.

 

Kata kunci: Aksara Batak Toba, Finite State Automata, Text To Speech, Java, Kamus

 


PENDAHULUAN

Diantara berbagai tradisi tulis yang pernah berkembang di Indonesia, tradisi Batak terkenal karena berbentuk buku-buku dari kulit kayu yang dilipat–lipat, yang berisi aksara–aksara khas dan gambar magis yang misterius. Tradisi ini sudah hampir punah seiring berkembangnya zaman. Masuknya tulisan latin yang lebih mudah dimengerti, mengakibatkan masyarakat melupakan tradisi penulisan aksara Batak. Melalui pemanfaatan perkembangan teknologi informasi khususnya dibidang Finite State Automata (FSA), kita dapat dengan mudah mengetahui bagaimana cara penulisan dalam aksara Batak Toba.

Pada era modern saat ini media komunikasi tulis yang paling efektif adalah huruf latin, akibatnya semakin banyak masyarakat mulai melupakan tradisi cara penulisan aksara serta cara membaca aksara dan juga arti dari bahasa Batak Toba.

Penulisan pada aksara Batak Toba dimulai dari atas ke bawah, dan baris dilanjutkan dari kiri ke kanan. Didalam aksara Batak huruf vokal dan konsonan diurutkan berdasarkan tradisi mereka sendiri, yaitu /a/, /ha/, /ka/, /ba/, /pa/, /na/, /wa/, /ga/, /ja/, /da/, /ra/, /ma/, /ta/, /sa/, /ya/, /nga/, /la/, /nya/, /i/, /u/. Aksara Batak dibagi menjadi ina ni surat (induk aksara) dan anak ni surat (anak aksara). Ina ni surat adalah terdiri dari abjad utama yang membentuk konsonan, sedangkan anak ni surat adalah terdiri dari abjad yang membentuk vocal.


Teks Lengkap:

pdf

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Kozok, U. 1999. Warisan Leluhur: Sastra Lama dan Aksara Batak. Kepustakaan Populer Gramedia: Jakarta.

Hariyanto, B. 2004. Teori Bahasa Otomata dan Komputasi Serta Terapannya. Bandung: Informatika Bandung.

Isrokah,. Yasin, M. 2013. Aplikasi Konversi Teks Menjadi Suara dengan Menggunakan Metode Penggal Kata Finite State Automata (FSA). ArtikelA6A450B00B1E3E30227F1860F1C962ED. Malang : Universitas Negeri Malang.

Melly, R.I., Wamiliana., Kurniawan D. 2012. Penerapan Konsep Finite State Automata (FSA) Pada Mesin Pembuat Minuman Kopi Otomatis. 415-1119-1-PB. Lampung: Universitas Lampung.

Astuti, E.S., Naba, A., Prijono, W.A. 2009. Sistem TTS dalam Bahasa Indonesia Menggunakan Metode FSA dan Database Diphone. 30_Sistem TTS dalam Bahasa Indonesia Menggunakan Metode FSA dan Database Diphone. Malang: Universitas Brawijaya Malang.

Wundari, B.G. 2009. Sistem Text To Speech Dengan Metode Unit Selection Synthesis Untuk Bahasa Indonesia. Digital_20248992-R030969. Depok: Universitas Indonesia.

Tritoasmoro, I.I. 2006. Text To Speech Bahasa Indonesia Menggunakan Concatenation Synthesizer Berbasis Fonem. 172-176-snsi06-28 text-to-speech bahasa indonesia menggunakan concatenation syntesizer berbasis fonem. Bandung: Institut Teknologi Bandung.

Utdirartatmo, F. 2005. Teori Bahasa dan Otomata. Edisi kedua. Graha ilmu: Yogyakarta.

Panjaitan, S. 2010. Kamus Bahasa Batak Indonesia (online). http://batakpedia.sourceforge.net/?page_id:9 (13 September 2014).

Limbong, B. 2014. Kamus Bahasa Batak Toba Indonesia. Permata Aksara: Jakarta.


Refbacks

  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »
  • »