AUDIT MANAJEMEN TEKNOLOGI INFORMASI DENGAN MENGGUNAKAN COBIT 4.1 PADA SISTEM TRANSAKSI KEUANGAN

Munirul Ula, dan Muhammad Sadli

Sari


ABSTRAK

Sistem informasi dan jaringan komputer sebagai pendorong dan pendukung strategi perbankan dan bagian terintegrasi dari strategi bisnis. Untuk mengetahui sampai dimana pengelolaan teknologi informasi maka peneliti melakukan audit terhadap teknologi informasi yang ada di Bank Mustaqim Sukamakmur dengan menggunakan framework COBIT versi 4.1. COBIT (Control Objective for Information and Related Technology) Versi 4.1 merupakan model standar untuk mengaudit Tata Kelola TI yang telah mendapatkan pengakuan secara luas. Penelitian ini difokuskan pada dua domain utama COBIT, yaitu Planning and Organisation (PO) dan Acquisition and Implementation (AI) pada sistem transaksi keuangan Bank Mustaqim Sukamakmur Aceh, metode penelitian terdiri atas metode pengumpulan data yaitu kuisioner dengan teknik purposive sampling, wawancara dan analisis data menggunakan COBIT Versi 4.1. Berdasarkan hasil analisa diketahui bahwa pengelolaan teknologi informasi pada system transaksi keuangan di Bank Mustaqim Sukamakmur Aceh belum sesuai dengan visi dan misi perusahaan. Gap-gap yang ada menunjukkan bahwa pengelolaan teknologi informasi di bank tersebut belum sepenuhnya mendukung dan selaras dengan strategi bisnis dari perusahaan.

Kata kunci: Audit Tata Kelola Teknologi Informasi, COBIT, Domain Planning and Organization (PO), Domain Acquisition and Implementation (AI).


PENDAHULUAN

Penilaian teknologi informasi berfokus pada berbagai aspek berbasis komputer dalam sistem informasi perusahaan. Penilaian ini meliputi penilaian implementasi, operasi, dan pengendalian berbagai sumber daya komputer yang tepat. Karena kebanyakan sistem informasi modern menggunakan teknologi informasi, penilaian teknologi informasi biasanya merupakan komponen penting dalam semua audit eksternal (keuangan) dan internal. IT Governance menawarkan berbagai solusi, inovasi dan perubahan pada bisnis perusahaan, asal dalam penerapannya harus sesuai dengan tujuan bisnis perusahaan untuk itu harus dikelola dengan baik. Kerangka kerja COBIT menyediakan model proses yang umumnya ditemukan dalam aktivitas TI dalam empat domain proses yang saling terkait, yaitu: Plan and Organize (PO), Acquire and Implement (AI), Deliver and Support (DS) serta Monitor and Evaluate (ME). Domain PO terdiri dari sepuluh (10) proses TI, adapun domain AI terdiri dari tujuh (7) proses TI, diikuti dengan domain DS sebanyak tiga belas (13) proses TI dan ME sebanyak empat (4) proses TI. Masing-masing proses TI dilengkapi dengan objektif kontrol.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Gulo. (2005). Metodologi Penelitian. Jakarta:Grasindo.

Jogiyanto, H.M. (2005). Pengenalan Komputer. Yogyakarta: Andi.

Sarno, R. (2009). Audit Sistem dan Teknologi Informasi. Surabaya: ITS Press.

Surendro, K. (2009) Implementasi Tata Kelola Teknologi Informasi. Bandung: Informatika.

Tim Penyusun Kamus Pusat Bahasa. (2005). Kamus Besar Bahasa Indonesia. Jakarta: Balai Pustaka.

William, B. K., Sawyer, S. C. (2007). Using Information Technology: Pengenalan Praktis Dunia Komputer dan Komunikasi. Yogyakarta: Andi Publisher.


Refbacks

  • »
  • »