APLIKASI SMS ALERT ALUMNI FAKUTAS ILMU KOMPUTER UNIVERSITAS ALMUSLIM UNTUK JOBSEEKER

Dedy Armiadi

Sari


ABSTRAK

SMS Alert merupakan sistem aplikasi untuk mengirim SMS dalam penyebaran informasi lowongan kerja untuk alumni Fakultas Ilmu Komputer. SMS Alert ini merupakan suatu sistem informasi yang khusus memberikan informasi lowongan kerja bagi alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim. Aplikasi SMS Alert Jobseeker ini dibangun menggunakan pemrograman PHP dan Gammu. Sedangkan untuk databasenya menggunakan MySQL. Aplikasi ini berjalan dan mendeteksi pesan / SMS terkirim melalui handphone server, kemudian di seleksi dan di proses oleh sistem dan hasilnya akan dikirim ke user atau alumni. Aplikasi yang berbasis SMS Gateway ini diharapkan dapat memberikan fasilitas yang relatif lebih efisien terutama dalam pemberian informasi lowongan kerja kepada alumni Fakultas Ilmu Komputer. data. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif. Teknik pengumpulan data yang diperlukan untuk memecahkan masalah yang terdapat pada Fikom yaitu dengan cara melakukan observasi dan wawancara. Metode pengembangan sistem yang digunakan adalah Prototype dengan menggunakan alat bantu perancangan dan analisis berupa Diagram Konteks, Data Flow Diagram (DFD), dan basis data.

Kata Kunci: Sistem Informasi, SMS Alert, Data Flow Diagram.


PENDAHULUAN

Teknologi informasi merupakan teknologi yang menggabungkan antara komputasi dan komunikasi untuk melakukan tugas-tugas informasi sehingga arus informasi dapat berjalan dengan baik. Teknologi Informasi berkembang dengan pesat di berbagai aspek kehidupan, mulai dari personal hingga instansi. Dalam sebuah instansi baik negeri maupun swasta, teknologi informasi sangat dibutuhkan untuk optimalisasi segala proses yang berkaitan dengan pembangunan dan perbaikan sistem. Salah satu bentuk optimalisasi tersebut adalah penerapan sistem informasi. Kriteria dari sistem informasi antara lain adalah fleksibel, efektif dan efisien.

Dengan menggunakan perkembangan teknologi yang pesat, proses penyampaian informasi saat ini menjadi lebih mudah. Sarana penyampaian informasi yang paling populer dan mudah didapatkan saat ini adalah melalui handphone/Ponsel. Layanan SMS (Short message Service) yang dimiliki setiap ponsel dapat kita gunakan untuk melayani informasi yang dibutuhkan.

Saat ini Fikom belum mempunyai sebuah aplikasi yang menyebarkan informasi tentang job seeker kepada alumni yang dapat memudahkan mahasiswa dalam mendapatkan informasi tersebut, maka berdasarkan uraian permasalahan tersebut, penulis membuat sebuah aplikasi dengan judul “Aplikasi SMS Alert Alumni Fakultas Ilmu Komputer Universitas Almuslim Untuk Jobseeker”.


Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Ali Alansyah. 2007. Perkembangan Sistem Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta. Basuki Wibawa dan Farida Mukti

Jogiyanto, 1995. Analisa Dan sistem Informasi Manajemen Pendekatan Terstruktur, Teori Dan Aplikasi Bisnis, Edisi Keempat. Yogyakarta: Andi Offset.

Fathansyah. (2008). Basis Data, Bandung: Informatika Bandung

Bin Ladjamudin Al bahra, (2008). Analisis dan Desain Sistem Informasi, Yogyakarta: Graha Ilmu.

Madcoms, 2008, Pengantar PHP dan Aplikasi. Bandung. Andi

Sutabri. (2007). Analisa Sistem Informasi, Yogyakarta. Salemba Empat Edisi 5

Susanto, 2002. Modul Ajar Pengelolaan. Kualitas Air. Jurusan Teknik Lingkungan FTSPP-ITS.


Refbacks

  • »
  • »