PENINGKATKAN PRESTASI BELAJAR SISWA MELALUI MEDIA TIPE JIGSAW TENTANG POKOK BAHASAN STRUKTUR DAN FUNGSI TUMBUHAN

Shaleh Aksa

Sari


ABSTRAK

Penelitian Tindakan Kelas ini dilaksanakan bertujuan untuk mengetahui peningkatan hasil belajar siswa pada pembelajaran IPA kelas III dengan menggunakan media tipe jigsaw pada materi struktur dan fungsi tumbuhan di SD Negeri 5 Idi, semester II tahun ajaran 2013/2014. Jenis penelitian ini termasuk penelitian action research. Subyek penelitian ini adalah siswa kelas III di SDN 5 Idi. Hasil penelitian ini menunjukkan: Melalui hasil penelitian tindakan kelas pada SD Negeri 5 Idi terjadi peningkatan. Sebelum dilakukan pembelajaran dengan model inkuiri nilai siswa adalah 5,7. Pada siklus I hasil evaluasi siswa pada mata pelajaran IPA mendapatkan nilai rata-rata 6,46 sedangkan pada siklus II mendapatkan nilai rata-rata 7,96 dari penelitian tersebut terjadi peningkatan ketuntasan belajar mulai dari kondisi awal sebesar 25 %, pada siklus I sebesar 50 % dan pada siklus II sebesar 96,43 %. Berarti terdapat peningkatan hasil belajar siswa dan aktifitas proses pembelajaran para peserta didik setelah dilakukan penelitian tindakan kelas. Dengan demikian, dapat disimpulkan terdapat perbedaan sebelum dan sesudah dilakukan tindakan kelas pada siswa kelas III SDN 5 Idi dalam aktifitas hasil belajar siswa.

Kata Kunci: Prestasi Belajar Siswa, Media Tipe Jigsaw Struktur dan Fungsi Tumbuhan


PENDAHULUAN

Belajar adalah proses yang ditandai dengan adanya perubahan pada diri seseorang. Perubahan sebagai hasil dari proses belajar dapat ditunjukkan dalam berbagai bentuk kebiasaan serta perubahan aspek-aspek lain yang ada pada individu yang belajar. Sekolah sebagai salah satu pelaksana pengelolaan proses pembelajaran dalam rangka mewujudkan program pendidikan nasional seyogyanya melaksanakannya dengan baik, yang ditandai dengan adanya kontroling berkesinambungan dari pimpinan kepada para guru di kelas, sehingga tujuan yang telah ditetapkan tercapai. Disamping itu, eksplorasi kompetensi guru dapat dinilai dengan baik, dalam hal ini guru mata pelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar.

Mata pelajaran IPA pada tingkat sekolah dasar pada dasarnya diarahkan agar siswa memiliki penguasaan konsep kehidupan alam dan lingkungan. Pembelajaran IPA seyogyanya mampu membuat siswa secara aktif mengikuti proses belajar mengajar di kelas, karena siswa diberikan peluang sebesar-besarnya untuk menemukan konsep-konsep materi pelajaran di lingkungan sekitar mereka.

Teks Lengkap:

PDF

Referensi


DAFTAR PUSTAKA

Aqib, Zainal. 2009. Penelitian Tindakan Kelas. Bandung: Yrama Widya.

Departemen Pendidikan dan Kebudayaan. 1996. Kamus Besar Bahasa Indonesia, Jakarta: Balai Pustaka.

Dimyati danMudjiono. 2009. Belajar dan Pembelajaran. Jakarta: Rineka Cipta.

Haling, Abdul. 2006. Belajar dan Pembelajaran. Makassar: Badan Penerbit UNM.

Moedjiono dan Dimyati. 2009. Strategi Belajar Mengajar. Jakarta: Depdikbud, Dirjen Dikti, PPLPTK

Martin, dkk. 2004. Aspek-Aspek dalam Pembelajaran. Yogyakarta: Pustaka Mandiri.

Nur, M. 2001. Pemotivasian Siswa Untuk Belajar. Buku ajar mahasiswa: Surabaya: Universitas Negeri Surabaya.

Purwanto, Ngalim. 2004. Psikologi Pendidikan. Bandung: PT. Remaja Rosda Karya.

Sagala, Syaiful. 2003. Konsep dan Makna Pembelajaran: Untuk Membantu Memecahkan Problematika Belajar dan Mengajar. Bandung: Alfabeta.

Sahabuddin. 2004. Pengantar Interaksi Belajar Mengajar. Bandung: Transito.

Sardiman. 2006. Belajar dan Faktor-Faktor yang Mempengaruhinya. Jakarta: Rajawali Pers.

Sudradjat, Akhmad. 2008. Bagaimana Memotivasi Siswa dalam Belajar. Online. http://akhmadsudradjat.blogspot.com/html. Diakses tanggal 2 Agustus 2010.

Sumber:http://fip.uny.ac.id/pjj/wpcontent/uploads/2008/02/inisiasi_pengembangan_ pembelajaran _ipa_1.pdf)

(Sumber : http://id.wikipedia.org/wiki/Teori_perkembangan_kognitif)

Suprayekti. 2011. Penerapan Model Pembelajaran Interaktif pada Mata Pelajaran IPA di SD. Online. http://teknologipendidikan.net, Diakses tanggal 11 Mei 2011

Tadjab. 2002. Ilmu Jiw¬a Pendidikan. Surabaya: Karya Abditama.


Refbacks

  • »